Beranda Semende Stop Buang Sampah Sembarangan

Stop Buang Sampah Sembarangan

60
0

Laporan Zulkarnain

Muaraenim News, SEMENDE – Masalah sampah sepertinya masih menjadi masalah yang belum ada solusinya hingga sekarang, seperti bagaimana cara mengelola atau cara bagaimana mencegah penumpukkan sampah. Agar tidak menimbulkan masalah lingkungan yang baru. Dan masalah sampah ini hampir terjadi di semua desa yang adah di Semende.

Menurut penyampaian Suri (52) kepada media (7/7/2019), hampir ditiap desa masyarakat membuang sampah pada lahan kosong di belakang rumah atau di paret paret depan rumah Itu karena pemerintah desa belum meyiapkan tempat pembuanghan khusus dan benar benar menertipkan pembuanggan sampah tersebut.

“Harapan kami selaku masyarakat di semende ini untuk ke depan nanti masalah pembuanggan sampah bisa di tertipkan agar tercipta lingkunggan yang sejuk dan bersih,” imbuhnya.

Disisi lain Nain juga meyampaikan Semakin lama sampah itu semakin menumpuk dan menyebabkan aroma yang tidak sedap. Dan sampah-sampah itu juga dapat menjadi sarang nyamuk yang menyebabkan demam berdarah. Karena warga desa dan anak-anak kecil banyak yang melakukan aktivitas di luar rumah, seperti bercocok tanam, mencari kayu bakar di kebon dan anak-anak kecil yang suka bermain di sembarang tempat.

Dan itu tidak menutup kemungkinan mereka bisa digigit nyamuk dan terserang demam berdarah. Memang sampah itu tidak akan menyebabkan banjir di desa kami, karena desa kami terletak di daratan tinggi.

Tetapi membuang sampah sembarang juga tidak bagus. Selain dapat mengurangi estetika lingkungan juga bisa merusak lingkungan, karena tidak semua sampah dapat diurai oleh tanah. Plastik contohnya butuh waktu lebih dari 100 tahun untuk dapat mengurainya. Dan apabila sampah plastik itu dibakar maka akan menimbulkan masalah lingkungan yang baru yaitu mencemari udara.

Serta sampah dapat menjadi sarang nyamuk dan berbagai bakteri yang dapat mengganggu kesehatan kita. perilaku ini akan berlajut dan menjadi kebiasaan. Dan tentu saja itu akan berdampak buruk bagi masyarakat itu sendiri.

Kita perlu memeberi pengarahan terhadap masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup bersama.

“Maka dengan berita ini ia berharap masyarakat di desanya dapat lebih bijak dalam pengelolaan sampah agar tidak merusak lingkungan dan supaya kita dapat terhindar dari penyakit yang ditimbulkan oleh sampah tersebut,” tutupnya.