Beranda Semende Paguyuban Wali Murid SDN 3 SDL Terbentuk

Paguyuban Wali Murid SDN 3 SDL Terbentuk

63
0

Laporan Andi Razak

Muaraenim News, SEMENDE – Paguyuban Wali Murid SD Negeri 3 Semende Darat Laut (SDL),  hari ini Senin (18/11/20019) terbentuk, hal ini diketahui setelah pertemuan seluruh wali murid SD ini membahas pembentukan paguyuban tersebut yang dilaksanakan di sekolah ini.

Kepala SDN 3 SDL Anita Spd mengatakan, Tujuan adanya paguyuban itu merupakan perpanjangan tangan dalam membantu mensosialisasikan program-program sekolah. Kemudian juga sebagai wadah para wali murid menyuarakan pendapat, ide, dan saran demi kemajuan sekolah.

“Paguyuban kelas merupakan perkumpulan orang tua siswa dalam suatu kelas yang bertujuan untuk membangun dan menumbuhkan dan meningkatkan partisipasi, kepedulian dan tanggung jawab orang tua dengan pemberian saran dan masukan dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu paguyuban kelas juga bertujuan untuk menciptakan hubungan yang baik antara guru atau wali kelas dengan orang tua dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dasar,” papar Anita kepada media ini.

Di sisi lain Ketua Komite SDN 3, Najamudin mebyampaikan sudah enam tahun semua wali Murid dari kelas satu sampai kelas enam belum perna mengadakan silaturahmi, dengan adanya paguyuban ini, kebersamaan gutu dan walinakan tercipta dengan baik.

“Semua orang tua pasti sayang kepada anaknya, maka untuk mendukung  pendidikan anak suoaya lebih pintar dan cerdas, kita sebagai wali harus berperan aktif, salah satunya kita membentuk paguyuban ini,” ujar Najam.

Sementara itu Pengawas Sekolah Guslawati Spd mendukung penuh semua kegiatan SDN3 SDL ini, termasuk kegiatan ini, untuk menjembati komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua siswa yang langsung berkaitan dengan substansi pendidikan dan teknis pembelajaran, seyogianya dapat dibentuk forum atau paguyuban orang tua siswa sebagai wujud nyata upaya untuk turut aktif terlibat dalam bidang pendidikan sebagai bagian dari ekosistem. 

“Dari giat ini kita melihat seluruh guru dan wali murid sangat mendukung seluruh kegiatan yang akan di rencanakan hari ini, maka dari itu kita perpanjangan dinas pendidikan, tentu akan terus membina dan membantu semua proses pendidikan yang ada,” ungkap dia.

Sementara  itu salah satu wali murid Drs Taswani menanggapi, dari kegiatan ini dapat diambil sisi positip, giat ini bermanfaat dan dapat di contoh oleh sekola lain, bahwa guru selalu mendidik anak murid nya untuk lebih baik dan berkualitas, waki siswa turut mendukung, sehingga kerjasama dapat berjalan dengan baik.

“Kita sangat mendukung terbentukanys paguyuban wali siswa SDN 3 SDL, Desa Pulaupanggung ini, kami sebagai anggota paguyuban, sekaligus wali siswa siap bekerjasama dengan pihak sekolah, demi kemajuan sekolah dan anak-anak kami,” pungkas dia.