Beranda Muara Enim SANGGAR SENI ANAK BUNGSU SDU TAMPIL DI PESTA RAKYAT HUT MUARAENIM

SANGGAR SENI ANAK BUNGSU SDU TAMPIL DI PESTA RAKYAT HUT MUARAENIM

22
0

Muaraenim News,  MUARAENIM – Sanggar Seni Anak Bungsu Kecamatan Semende Darat Ulu Kabupaten Muaraenim,  Sumatera Selatan tampil dengan Tari Nolong Anak Lanang Njawat, pada pesta rakyat hari jadi Kabupaten Muaraenim Ke 71, Senin Malam,  (20/11/2017), di Gor Muaraenim.

Pembina Sanggar Seni Anak Bungsu,  Kecanatan SDU,  Rasmayati,  SPd I mengatakan,  Tari yang ditampilkan ini menceritakan adat-istiadat,  Semende, dimana anak lanang dinikahkan atau masuk ke tunggu tubang.

Di tahun pertama harus dibantu njawat sawah atau membajak, oleh orang tua dan keluarga sebelah laki-laki, ini menunjukkan orang tua mendukung dan mendidik anaknya supaya rajin dalam mengelola sawah peninggalan nenek moyang atau tunggu tubang, yang turun temurun.

Mereka tidak merasa segan dan malu, ikut keluarga perempuan,  mereka beramai-ramai pergi ke sawah tunggu tubang. Disana terlihat bentuk pematang sawah berkelok-kelok di ketinggian menjadi pemandangan indah di daerah perbukitan yang menambah kedamaian di hati setiap yang memandangnya.

Sebagai ungkapan rasa bahagia dua keluarga disatukan, dibantu yang bahasa Semendenya dari nguni, (menebar benih padi)  Meluku, (membajak sawah dengan kdua ekor kerbau) ncecae, sampai ke betanam padi hingga panen padi atau ngtam.

Pengamat Seni Kabupaten Muarenim,  Rasyid mengatakan,  adat budaya di wilayah semende tetap bertahan sampai hari ini,  lewat tarian nampak adat budaya itu di angkat.

“Sanggar seni di wilayah ini sudah cukup baik,  dengan mengangkat,  beragam kebudayaan lewat tari-tarian,  haarapan kita kedepan pelaku seni ini terus meningkatkan keindahan seni tari yangvdi angkat dari adat budaya wilayah itu, ” Kata Rasyid.

Sementara Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Muaraenim Muzakar MPd Melalui,  Kabidnya Erza didampingi Kasi Kebudayaan Nurunnisa,  mengatakan,  Seni budaya di wilayah Kabupaten Muaraenim,  terus di tingkatkan, dengan membina sanggar seni budaya di setiap kecamatan .

“Kita terus membina sanggar budaya di Kabupaten Muaraenim,  sampai ke tingkat kecamatan, seperti malam ini kita saksikan beragam tarian tampil pada pesta rakyat hari jadi Kabupaten Muaraenim, ” pungkas Nurunisa.

Penulis : Imam
Editor   : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here