Beranda Muara Enim DIGUYUR HUJAN LEBAT MENGAKIBATKAN LONGSOR HINGGA PUTUSKAN JALAN

DIGUYUR HUJAN LEBAT MENGAKIBATKAN LONGSOR HINGGA PUTUSKAN JALAN

99
0
LONGSOR : Longsor yang terjadi Senin Dini hari kemarin membuat jalan lintas alternatif penghubung 2 kabupaten Kepahiang dan Bengkulu Tengah Propinsi Bengkulu putus total

Muaraenim News, BENGKULU TENGAH – Hujan deras yang mengguyur sejumlah kabupaten di Propinsi Bengkulu sejak beberapa hari belakangan akhirnya menimbulkan bencana longsor seperti yang terjadi diruas jalan penghubung 2 kabupaten yakni Kepahiang dan Bengkulu Tengah.

Meski diketahui tidak menimbulkan korban jiwa, namun longsornya jalan alternatif penghubung 2 Kabupaten tersebut. Tepatnya diruas jalan yang menghubungkan desa Ujan Mas Kepahiang melintasi PLTA Musi menuju Desa Susup Bengkulu Tengah putus total hingga tidak dapat dilintasi kendaraan apapun.

Longsor itu sendiri menurut informasi terjadi Senin (9/10) dini hari, awalnya longsor belum menghabiskan badan jalan, namun lantaran hujan yang terus mengguyur kawasan berbukit tersebut tiada henti sejak Minggu (8/10) siang, akhirnya jalan tersebut amblas total diperkirakan sepanjang 20Meter dengan kedalaman sekitar 50Meter.

Menurut informasi yang diperoleh dilapangan,  selain jalan yang saat ini putus total hingga memutus akses warga yang kerap melintasi jalan tersebut, juga sempat memadamkan aliran listrik di sejumlah desa yang ada dibeberapa kecamatan yang ada dikawasan Bengkulu Tengah lantaran beberapa tiang listrik disekitar terjadinya longsor ikut ambruk dan membuat kabel listrik putus.”Lampu didaerah kami sejak pagi hari padam, awalnya kami tidak tahu apa penyebabnya, tapi belakangan kami dapat informasi jika ada longsor di jalan Susup dan juga ada tiang listrik tumbang, itulah yang jadi masalahnya,”terang Toni warga Taba Penanjung Kabupaten Benteng.

Saat dikonfirmasi wartawan, Kepala BPBD Kabupaten Bengkulu Tengah  Tomi Marisi membenarkan adanya kejadian longsor tersebut, namun ditegaskan oleh Tomi Masisi tidak ada korbab jiwa atas bencana tersebut.”Kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah longsor tersebut, karena pada saat kejadian waktunya dini hari saat jalanan sepi, kemudian soal padamnya listrik disejumlah desa diwilayah Bengkulu  Tengah itu lantaran beberapa tiang listrik yang ikut ambruk saat terjadinya longsor,”terangnya.
Disisi lain, kemarin sejumlah pihak telah memantau langsung lokasi longsor, baik dari wilayah BengkulunTengah maupun Kepahiang. Termasuk pula Kapolsek Ujan Mas Iptu. Aswani dan anggotanya yang juga turun langsung kelokasi. Kemudian pula pihak PLTA Musi sempat menurunkan tim kelokasi longsor.”Sejauh ini dari pantauan kami di lapangan setidaknya ada 3 tiang listrik yang ambruk hingga membuat suplai aliran listrik ke wilayah Susup dan sekitarnya diKabupaten Bengkulu Tengah putus total.

Penulis     : Ags
Editor       : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here