Beranda Sumsel Pemerintah Kabupaten Lahat Melaksanakan Sosialisasi SAT-GAS Pengawasan Koperasi

Pemerintah Kabupaten Lahat Melaksanakan Sosialisasi SAT-GAS Pengawasan Koperasi

262
0

Laporan Irhamudin

Muaraenimnews.com, LAHAT – Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat Chandra,SH.MM membuka acara sosialisasi SAT-GAS Pengawasan Koperasi dalam rangka mewujudkan kepatuhan dan kesehatan koperasi yang sesuai dengan prinsip serta jati diri koperasi Kabupaten Lahat,Rabu(06/10) di aula hotel Bukit Serelo Lahat.

Hadir dalam acara ini para kepala OPD di Lingkup pemerintah Kabupaten Lahat,narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan dan peserta yang berasal dari pengurus koperasi di wilayah Kabupaten Lahat serta tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lahat Hery Alkafi,AP.MM dalam laporanya menyampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan sesuai dengan surat edaran dari Departemen Koperasi, Surat Keputusan Dinas Koperasian dan UKM Provinsi Sumsel dan SK Bupati Lahat.

Disampaikannya juga sosialisasi pengawasan koperasi ini merupakan berbagai upaya telah dilakukan salah satunya pembentukan satgas pengawasan Koperasi untuk mewujudkan Koperasi yang sehat dan Sesuai dengan Jati diri Koperasi sehingga dapat berdaya saing dan melindungi masyarakat sebagai anggotanya.

“Adapun narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel dan DPMPTSP Kabupaten Lahat, dimana pesertanya adalah dari pengurus Koperasi di Kabupaten Lahat sebanyak 50 orang.”ucapnya

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang,SH melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat dalam arahanya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan pengawasan koperasi dalam mewujudkan kepatuhan dan kesehatan koperasi yang sesuai dengan prinsip serta jati diri koperasi merupakan suatu upaya yang telah dilakukan dan kegiatan tersebut dengan salah satunya pembentukan satuan tugas pengawas koperasi di seluruh provinsi dalam setiap kabupaten/kota.

Dengan sistem pengawasan koperasi khususnya dalam penilaian kesehatan yang diharapkan ke depan dapat beroperasi secara online dan juga dapat meningkatkan kerjasama dengan Kementerian serta lembaga terkait seperti OJK,PPATK dan juga dengan melakukan berbagai pelatihan,sosialisasi bidang pengawasan sebagai upaya memenuhi persyaratan.

“Saya sampaikan bahwa salah satu tujuan dari sosialisasi pengawasan koperasi ini untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan koperasi oleh pemerintah mengenai keterbatasan SDM yang menjadi isu dominan dalam pelaksanaan fungsi pengawasan koperasi.”tutupnya