Beranda Semende Miris Sejauh ini Desa Danau Gerak Belum di Aliri Listrik

Miris Sejauh ini Desa Danau Gerak Belum di Aliri Listrik

463
0

Laporan Mukadam / Fery Aksah

Muaraenim News, SEMENDE – Desa Danau Gerak, Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muaraenim, sampai saat ini belum menikmati aliran listrik dari PT Pln, mirisnya lagi tiang sudah terpancang sejak tujuh tahun lalu, namun hingga kini tak ada kabal apalagi aliran listrik.

Pantauan wartawan di lapangan, Rabu (24/12/2019), sampai detik ini, sejak  7 tahun berlalu lalu, tiang-tiang listrik masih nampak tegak berdiri, bahkan pemandangan nampak rumput-rumput liar membalut tiang listrik itu.

Melihat kondisi ini warga setempat mengatakan sungguh ironis, padahal Muara Enim Adalah kabupaten pengahsil energi listrik terbesar,

“7 tahun berlalu penerangan belum juga di kerjakan, hanya tiang-tiang yg berdiri seperti tidak ada manfaat, Pernah beberapa kali dari pihak PLN  yang katanya mau di selsaikan tapi sampai hari ini tidak ada kabar sama sekali,” ungkap Danis warga setempat kepada Muaranim News.

Senada disampaikan Tamban warga setempat, sejauh ini desanya masih sangat tertinggal, dibanding desa-desa lain yang ada di wilayah semende khususnya. Tanpa adanya aliran listrik dari PLN, desa ini bak desa mati.

“Desah bak desa yang tertinggal, yang belum sama sekali tersentuh dengan adanya penerengan dari Pln, entah kenapa sampai saat ini mereka tak pernah menggubris permohonan kami ini,” ujar dia.

Dia menambahkan sejauh ini memang warga telah memiliki pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan swadaya masyarakat, namun sayangnya aliran listrik ini hanya dapat mengaliri satu buah bola lamupu saja.

“Memang kami telah berenisiatif sendiri mendirikan PLTA  hasil swadaya dari warga kami,  tapi itu tak seberapa hanya bisa memenuhi satu bua bolah lampu,  itupun di hidupkan hanya pada malam hari, dari itu kepada pemerintah Kabupaten ataupun Propinsi Sumatera smSelatan, maupun PT Pln untuk mengalirkan listrik ke desa kami ini,” ungkap dia.