Beranda MuaraEnim Ini Pemeran Tunggu Tubang Culture

Ini Pemeran Tunggu Tubang Culture

141
0

Laporan Hafiz

Muaraenim News, MUARAENIM -Tunggu Tubang Culture merupakan salah satu dari giat colorful muaraenim festifal 2019. dimana dalam acara ini mengangkat adat pernikahan tunggu tubang wilayah semende, acara dilaksanakan di Lapangan Merdeka Muaraenim Rabu (30/10/2019).

Adapun petugas dari giat ini dari tiga kecamatan di semende pertama dari Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), memerankan akad nikah dan perbie, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) memerankan prosesi Bunting Tandang dan Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) memerankan Ngantat Bunting Balik.

Dalam prosesinya Kecamatan SDL memerankan Akad Nikah dan Perbiye, dimana rangkaian prosesi akad nikah seperti biasanya mempelai laki-laki datang ke rumah mempelai wanita di iringi pihak simah (keluarga mempelai yang datang), setiba di rumah mempelai laki-laki duduk di hadapan penghulu dan wali nikah, sementara calon mempelai laki-laki masih berada di kamar, namun sebelum dilaksanakan prisesi akad nikah ini, anak kandang (anak belai) pihak pemapak (keluarga penganti perempuan) menanyakan kepada anak kandang pihak simah kalau masih ada sumah yang ketinggalan siap piahk pemapak siam menjemputnya. Dilanjutkan dengan prisesi akad nikah seperti kebanyakan, usai akad nikah pengantin wanita baru diperailahkan masuk ruangan akad nikah oleh penghulu.

SDT Bunting Tandang, mempelai wanita dan mempelai laki-laki setelah resmi di nikahkan, keduanya bertandang ke rumah mempelai laki-laki bersama nenek mempelai perempuan, dengan membawa selimut merah (saput abang),

SDU Ngantat Balik(Menghantarkan pengantin pulang dari bertandang di rumah orangtua mempelai laki-laki) proesinya antara lain kedua pengantin di arak menuju rumah mempelai wanita dari tandang di rumah orangtua pengantin laki-laki. Simah membawa bebagai macam barang (Pengenjuk) berupa Perabot rumah tangga secukupnya seperti Kursi, tempat tidur selengkapnya, peralatan dapur, periuk, gelas, piring, kuali, dandang dan lain sebagainya.

Setiba di rumah mempelai wanita anak kandang pihak pemapak menanyakan kepada anak kandang pihak simah (besan) kalau masih ada simah yang tertinggal, anak kandang pihak pemapak siap menjemput pihak simah. Selanjutnya ahli simah menyerahkan bunting balik dari tandang ke ahli pihak pemapak. Sampai berita ini di tulis acara masih berlangsung.