Beranda Rambang SMPN 2 Rambang Niru Ikuti Festival Kebudayaan Nasional

SMPN 2 Rambang Niru Ikuti Festival Kebudayaan Nasional

33
0

Laporan Faisal

Muaraenimnews.com, MUARAENIM – SMPN 2 Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim mengikuti lomba dalam Festival Kebudayaan Nasional Tahun 2021 Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Lomba Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional, yaitu Bakiak Kreasi Bakul Nusantara dan Bolak Balik Kayu Khas Daerah dalam bentuk video.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muara Enim mengikuti lomba tersebut dan mengirim peserta lomba. Peserta Lomba untuk Kabupaten Muara Enim di wakili oleh SMPN 2 Rambang Niru Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim.

Kepala Sekolah SMPN 2 Rambang Niru Yourman N mengatakan, anak didik dari SMPN 2 Rambang Niru mewakili Kabupaten Muara Enim dalam Festival Kebudayaan Nasional. Dimana, siswa menampilkan penampilan Bakiak yang dipadukan lagu daerah.

“Alhamdulillah kami dipercaya oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam hal ini melalui Dikbud Kabupaten Muara Enim, untuk mengikuti lomba tersebut walaupun waktunya agak mepet, namun kami bangga dan siap,” katanya.

Ia juga menambahkan, pihaknya telah semaksimal mungkin untuk menyajikan yang terbaik dalam lomba kali ini. Dan berharap dapat juara dalam lomba Festival Kebudayaan kali ini.

“Mudah-mudahan yang terbaik, yakni bisa juara, untuk pesertanya ada 5 orang dan untuk lagunya kami memadukan lagu daerah dek sangke,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dikbud Kabupaten Muara Enim Irwan Supmidi SPd SMn MM melalui Plt Sekretaris Dikbud Karmidi SPd didampingi Plh Kabid Kebudayaan Drs Jutawani mengatakan, dalam rangka Kompetisi Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Berjenjang Pekan Kebudayaan Nasional 2021.

“Pemprov Sumsel menyelenggarakan seleksi antar Kabupaten/Kota untuk mengikuti lomba seperti Bakiak Kreasi Bakul Nusantara dan Bolak Balik Kayu Khas Daerah. Dalam hal ini SMPN 2 Rambang Niru mewakili Kabupaten Muara Enim,” jelasnya.

Dalam pembuatan video ini, kata dia, dibuat berlatar belakang icon Kabupaten Muara Enim Tugu Adipura dengan backsound lagu dek sangke Ciptaan Samsudin Soleh