Beranda Tanjung Agung Ratusan Pendemo Kembali Datangi PT BSP

Ratusan Pendemo Kembali Datangi PT BSP

124
0

FOTO : Kapolsek Tanjung Agung Akp Arif Mansyur SH  SIK MM, bersama personil nampak melakukan pengamanan dalam aksi Demo di Halaman Kantor PT BSP, Kamis (10/10/2019).

 

Laporan Hafiz

Muaraenim News, TANJUNGAGUNG – Sengketa Lahan antara warga Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul,dengan PT Bumi Sawindo Permai (BSP) berbuntut panjang, betapa tidak ratusan hektar lahan masyarakat di klain oleh pihak perusahaan merupakan HGU milik mereka, Kemarin Kamis (10/10/2019) ratusan warga kembali melakukan aksi demo ke Kantor perusahaan di Desa Penyandingan Kecamatan Tanjungagung.

Berdasarkan informasi yang berhasil di himpun menyebutkan, pada pukul 10.00 wib ratusan massa unjuk rasa yang berasal Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul tiba di PT BSP  dengan mengendarai dua unit truk,  enam unit mini bus dan sepeda motor lebih kurang 20  unit.

Aksi unjuk rasa diterima oleh manageman PT. BSP di depan gerbang utama PT. BSP dengan dijaga dan dikawal oleh Personil Dalmas Inti Satuan Sabhara Polres Muara Enim beserta personil gabungan Polsek Tanjung Agung dan Polsek Lawang Kidul, kemudian perwakilan peserta unjuk rasa sebanyak 10  orang diterima oleh pihak manageman PT. BSP dan melakukan mediasi di kantor perusahaan ini.

Giat mediasi berakhir pukul 10.45. Wib dan belum ada kesepakatan atau titik temu antara pihak PT. BSP dengan para pengunjuk rasa, dikarenakan tuntutan warga menginginkan adanya pengakuan dari pihak perusahaan untuk mengakui masih ada lahan warga di dalam HGU perusahaan, namun dari pihak perusahaan blm bisa mengakui bila warga tidak dapat menunjukkan alas hak tanahnya berada dimana. Dan kesimpulannya warga akan kembali menyiapkan dokumen atas haknya setelah beberapa kali diminta oleh perusahaan, selanjutnya massa membubarkan diri dengan tertib dan damai.

Kapolsek Tanjung Agung Akp. Arif Mansyur, SH SIK MM didampingi Kasat Sabhara Polres Muara Enim Akp Toni Arman, SH dan Kapolsek Lawang Kidul Akp Azizir Halim SH mengatakan pihaknya telah melakukan pengamanan terkait unjuk rasa ini.

“Giat pengamanan diawali dengan apel kesiapan pengamanan unjuk rasa yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Tanjung Agung Akp. Arif Mansyur, SH, S.IK, MM didampingi oleh Kasat Sabhara Polres Muara Enim Akp. Toni Arman, SH dan Kapolsek Lawang Kidul Akp. Azizir Halim, SH, beserta personil Dalmas Inti Polres Muara Enim, personil gabungan dari Polsek Tanjung Agung dan Polsek Lawang Kidul,” Ujar Arif.