Beranda Lawang Kidul PT BSP Cucu PT BA Di Duga Gusur Tanah Masyarakat Darmo

PT BSP Cucu PT BA Di Duga Gusur Tanah Masyarakat Darmo

400
0

 

Laporan : Rudi yansyah.

MuaraenimNews, LAWANG KIDUL — Ratus masyarakat Desa Darmo Kecamatan Lawang kidul, Kabupaten Muaraenim, Mendatangi PT BSP dilokasi lahan warga yang digusur pihak perusahan, lahan warga tersebut diduga belum diganti rugi oleh pihak perusahan, Kamis (3/10/2019).

Ratusan warga yang datang langsung melihat tanah milik warga yang sudah di gusur sekitar 100 hetar oleh PT BSP,  saat tiba dilokasi tidak terlihat satu orangpun dari pihak perusahan, rombongan masyarakat bergerak menuju kem dimana tempat sudah di janjikan untuk bertemu.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) melalui anak perusahaannya, PT Bukit Multi Investama, mengakuisisi seluas 8.346 hektar milik perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Bumi Sawindo Permai (BSP) yang berada di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Asmawi (65)  Salah satu Warga Darmo  korban penggusuran oleh PT BSP ( Bumi Sawondo Permai) menjelaskan kepada awak media bahwa tanah yang dia kuasai dari sejak Empat puluh tahun lewat kini rata bak lapangan bola,padahal itulah salah satu pencarian untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan biaya sekolah Anak, katanya

“Kebun yang telah di kuasainya kurang lebih 4 hektar dan Telahpun memiliki surat dan di atas tanah tersebut ada pohon karet yang sudah berusia 36 thn,Karena Perlakuan dari  pihak Perusahaan tersebut kami sangat merasa di rugikan,hak” ujarnya.

Hak kami di Rampas,Tanah kami di kuasai secara sepihak tampa Ada koordinasi maupun pemberitahuan, terlebih dahulu, tutup Asnawi dengan nada kesal.

Sementara keterangan lain dari Zulkipli, (67) ,Salah Satu korban dari penggusuran secara sepik  sangat sedih Karena tanah yang di peroleh dari Leluhur Secara turun Temurun yang sudah di garap menjadi kebun, digusurd ratakan tanpa tersisa satu batang pohon,6,4 Hektar kini telah di kuasai oleh pihak perusahaan,tanpa ada basa basi, tutur Zulkifli.

Saat di temui media dirung kerjanya Efensi selaku menejer Humas PT Bukit Asam mengatakan, emang benar PT BSP cucu dari PT Bukit Asam sampai sejauh ini saya  belum tau permasalahan penggusuran tersebut, saya baru tau dari rekan rekan sekarang ini..terangnya.

Pantauan media di lapangan, Ratusan warga mendatangi perkebunan PT BSP, terlihat juga Kapolsek dan anggotanya, Dinramil 404-05 Te dan angotanya terlihat juga camat lawang kidul.