Beranda Muara Enim MERIAHKAN AGUSTUS DENGAN LOMBA TANGKAP TIKUS

MERIAHKAN AGUSTUS DENGAN LOMBA TANGKAP TIKUS

101
0

Muaraenim News – Para petani di Desa Tanjung Jati, Lubuk Empelas, dan Muara Lawai, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, memeriahkan HUT RI ke-72 dengan lomba unik. Bekerja sama dengan pihak Dinas Pertanian,  adakan lomba mencari dan menangkap hewan tikus sebanyak-banyaknya.

Penangkapan hewan yang menjadi musuh petani tersebut di lakukan langsung di lahan persawahan desa setempat. yang berhasil mengumpulkan tikus terbanyak, hadiah menarik sudah menanti.

Drs Asyarly manuddin selaku Camat Muara Enim mengatakan, perlombaan menangkap tikus ini baru sekali ini dilakukan. Selain memperingati HUT RI ke-72, juga untuk membasmi hama tikus yang mulai datang menyerang tanaman padi mereka.

“Kegiatan ini baru pertama kali kami adakan. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar membasmi tikus yang menyerang tanaman padi, karena di tahun sebelumnya lahan sawah kita selalu di serang hama tikus jadi kita adakan hal ini, karena di tahun depan akan melakukan penanaman dua kali dalam setahun, sebelum nya kan cuman sekali dalam setahun” Ungkap Asyarly, Selasa (15/08/2017).

Asyarly menambahkan, peserta lomba adalah seluruh petani dan pelajar yang ada di tiga Desa tersebut. Ada sekitar 500 pelajar dan petani yang berpartisipasi. Area sawah yang di gunakan untuk lomba menangkap tikus yaitu seluruh persawahan dengan luas sekitar 650 hektar.
“Juara satu kita berikan hadiah uang sebesar Rp. 500.000,00, Juara dua sebesar Rp. 300.000,00, dan Juara ketiga sebesar Rp. 200.000,00, dan masih banyak hadiah lain,” Tambah Asyarly

Salah satu petani, Mukshin, mengaku senang dengan kegiatan lomba menangkap tikus. Selain untuk hiburan juga bermanfaat untuk mengurangi hama tikus musim tanam ini.

“Bisa dobel keuntungannya, selain untuk hiburan juga untuk mematikan hama tikus yang selama ini menyerang lahan pertanian kita” kata Mukshin.

Penulis : Ari Firmansyah
Editor   : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here