Beranda Semende Desa Swarna Dwipa Terpilih Jadi Kawasan Bebas Rokok

Desa Swarna Dwipa Terpilih Jadi Kawasan Bebas Rokok

49
0

Laporan Dedi S

 

Muaraenim  News, MUARAENIM – Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim, melalui puskesmas Seri Tanjung Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), menetapkan Desa Swarna Dwipa menjadi kawasan bebas rokok dan tidak buang air besar sembarangam (BAB).

Elya Susita bindes mengatakan, ada beberapa cara agar rokok tidak mempengaruhi kesehatan keluarga. Pertama harus punya niat untuk mengurangi merokok dan tidak membiasakan merokok di dalam ruangan apa lagi ada anak – anak, balita dan sangat menganjurkan pengurangan pembelian rokok ditabungkan untuk BPJS.

Kedua masyarakat di anjurkan agar tidak buang Air Besar sembarangan, dengan cara penduduk harus membuat WC dalam satu keluarga satu WC.

“Kami dari perwakilan kesehatan Seri Tanjung akan membantu satu rumah satu WC untuk mengurangi masyarakat BAB sembarangan,” terangnya. Senim,(28/5/2018).

Sementara itu Juliansah Kades Desa Swarna Dwipa mengatakan, dirinya sangat mendukung program dari dinas kesehatan ini, apalagi dari 12 Desa, di kecamatan SDTi yang dipilih untuk penerapan desa yang Bebas asap rokok dan desa yang tidak bab Sembarangan.

“Program tersebut sangat membantu kami, dan saya juga selaku kades akan membantu material untuk pemasangan supiteng,” ujar Juliansyah.

Edithor Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here