Beranda Muara Enim CEGAH PELANGGARAN HUKUM SEJAK DINI KEJAKASAN MASUK KE PESANTREN

CEGAH PELANGGARAN HUKUM SEJAK DINI KEJAKASAN MASUK KE PESANTREN

6
0

Muaraenim,  News – Untuk mencegah pelanggaran hukum sejak dini,  pihak Kejaksaan Negeri (Kejari)  Muaraenim, melaksanakan safari ramadhan melalui kegiatan jaksa masuk pesantren.

Pantauan di lapangan, Selasa (13/6/2017) pihak kejari masuk ke SMP Negeri 5 memberikan materi di pesantren ramadhan sekolah itu. Dicela-ceela acara Kajari memberikan lima pertanyaan kepada peserta pesantren ramadhan, bagi siswa yang mampu menjawab Kajari Adiaksa memberikan sejumlah uang kepada santri Ramadhan SMPN 5 yang mampu menjawab pertanyaan dari kajari.

“Selain memberikan materi pembelajaran di pesantren ramadhan itu, kita memberikan bantuan modal awal untuk membuat kantin kejujuran, bagi sekolah ini, ” kata Kajari Muaraenim,  Adyaksa Darma Yuliano SH, MH, melalui Kasi Intel Abu Nawas SH usai memberikan materi di pesantren ramadhan SMPN 5 Muaraenim.

Konsep kantin kejujuran yang disampaikan pihak kejaksaan ini mendidik kejujuran anak, dimana sekolah menyediakan kantin tanpa di pantau,  disana disediakan berbagai bentuk makanan dan minuman tanpa dijaga, siswa berbelanja ambil sendiri dan sosok sendiri.

“Kantin kejujuran ini untuk memupuk kejujuran sedini mungkin,  dengan ini kita harapkan aknak menjadi manusia jujur, ” papar Abu.

Sejak dini terkait hukum,  diharapkan dengan adanya pembelajaran hukum seperti ini, dapat mencegah pelanggaran hukum dengan memberikan pemahaman kepada anak tersebut.

“Kejaksaan mendekatkan diri khususnya dengan sekolah,  mahasiswa,  ulama,  supaya kejaksaan itu tidak hanya dipandang penegak hukum belaka,  namun lebih mengutamakan pencegahan hukum dari dini, ” kata dia.

Sementara kepala SMP Negeri 5 Muaraenim Herry Candera S Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak kejari Muaraenim yang telah memberikan materi hukum,  dan memberikan bantuan kepada sekolah untuk kantin kejujuran ini.

“Hari ini siswa kita dapat pelajaran yang berharga,  khususnya tentang hukum,  kita berharap kedepan anak-anak kita sudah memahami hukum dan tidak terjebak dengan masalah hukum, ” papar Herry.

Penulis   : Ahkam
Sumber  : Muaraenimnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here