Beranda Muara Enim BI LIRIK POTENSI KOPI ARABIKA SEMENDE, AKHIR TAHUN INI DINAS PERKEBUNAN...

BI LIRIK POTENSI KOPI ARABIKA SEMENDE, AKHIR TAHUN INI DINAS PERKEBUNAN BAKAL MOU DENGAN BI

213
0
PANEN – Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Saisohar,  didampingi  Keplala dinas Perkebunan Ir Mat Kasrun saat panen Kopi Arabika di Kecanatan SDU

Muaraenim News,  MUARAENIM – Setelah kopi Robusta Semende mendapat sertifikat Indikasi Geografi (IG) dari Kementerian Hukum dan HAM RI, yang diterima langsung Bupati Muaraenim Ir H Muzakir Saisohar,  didampingi  Keplala dinas Perkebunan Ir Mat Kasrun di Istana Wakil Presiden RI beberapa waktu lalu,  Dinas Perkebunan Kabupaten Muaraenim bakal bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)  untuk mengembangkan perkebunan kopi arabika di wilayah Semende.

“Secepatnya Insallah, kita bakal bekerjasama dengan pihak BI, untuk mengembangkan kopi arabika Semende ini,  karena sejauh ini pihak BI menyambut baik pengembangan ini,  karena di wilayah Propinsi Sumatera Selatan Hanya Semende yang sudah mendunia dan miliki sertifikat IG ini, Muaraenim satu-satunya yang sudah milik IG ini” Kata Kepala Dinas Perkebunan Muaraenim Ir Mat Kasrun, ditemui di ruang kerjanya,  Rabu, (11/10/2017).

Mat Kasrun menambahkan,  sejauh ini keseriusan pihak BI dibuktikannya sudah dua kali,  perwakilannya datang meninjau langsung perkembangan kopi robusta di Semende.

“Dua kali pihak BI menijau lokasi perkebunan kopi robusta di semende,  ini artinya haraoan kita bakal terwujud,  untuk benar-benar menjadikan kopi kita ini lebih maju dan produksinya meningkat lebih baik lagi, ” ujar Mat Kasrun lagi.

Menurutnya,  usai meninjau lokasi perkebunan,  pihak BI berama Pusat Penelitian Kopi dan Kakau (Puslik)  mereka menyampaikan bahwa ini merupkan potensi yang liluar biasa untuk dikembangkan.

“Saat ini pihak BI tengah menyusut rotmet  kerjasama selama lima tahun bersama puslik,  hasilnya nanti akan kita bicarakan lebih lanjut,  maka insyallah akhir tahun ini MOU kita dengan pihak BI akan di tanda tangani, ” pungkas dia.

Keberhasilan ini disampaikan Mat Kasrun bukanlah dari pemerintah saja,  sejauh ini karena kerjasama saling bahu membahu antara petani kopi masyarakat dan pemerintah untuk memajukan ini.

Penulis  : Hafiz
Sumber : Muaraenim News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here