Beranda Muara Enim Ratusan Pramuka Ranting Gelumbang Gelar Jambore

Ratusan Pramuka Ranting Gelumbang Gelar Jambore

93
0
Ratusan Pramuka tingkat penggalang Ranting Gelumbang  hari ini mulai mengikuti Gelaran perkemahan di gelumbang, Senin (15/12/2019). (Foto/MN/Mandubil)

Laporan Mandubil 

Muaraenim News, GELUMBANG – Ratusan anggota pramuka Ranting Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, Sunatera Selatan, hari ini, Senin (15/12/2019) menggelar perkemahan jambore  Kwatir Ranting Gelumbang. Acara ini dilaksanakan di Gelumbang di mulai 15 – 18 Desember 2019.

Ketua kwatir ranting (Kakwaran) Gelumbang, Nur Kholis SPd mengatakan, tujuan pramuka adalah untuk membina, melatih dan mengembangkan kepribadian baik sikap maupun fisik dan meningkatkan kecakapan, keterampilan dan kecerdasan. 

“Tema yang kita angkat pada jambore kali ini, bersama pramuka untuk berekreasi meraih prestasi,” ujar Nur Kholis.

Adapun rincian peserta kemah ini, penggalang  dari Sekolah Dasar 510 Madrasah Ibtidaiyah 60 orang  SMP 40 peserta dan MTs 20 peserta.

Sasaran dari jambore ini adalah melatih mental melalui pengembangan agama, pancasila, prinsip kemanusiaan dan persaudaraan. Melatih fisik dengan kegiatan ketangkasan olahraga dan permainan yg menarik mengembangkan kreatifitas dg melatih keterampilan kecerdasan ilmu pengetahuan yang dinamika, mengembangkan seni budaya dengan menampilkan atraksi di depan umum.

“Sumber dana yaitu dari iuran peserta Perusahaan yg ada di  sekitar Kecanatan  Gelumbang, BUMN yang ada di sekitar wilayah gelumbang. Anggota DPRD Kabupaten Muara enim. Acara di isi dengan perlombaan diantara lain azan, ayat-ayat pendek. Senam pramuka dan permainan gembira ria,” pungkas Nur Kholis.