Beranda Lawang Kidul Kelola Sampah, Hasilkan Uang

Kelola Sampah, Hasilkan Uang

15
0

Laporan Hafiz

Muaraenim News, MUARA ENIM – PT Bukit Asam (PTBA) berikan pelatihan mengenai pengelolaan sampah non B3 di hari lingkungan hidup internasional. Hal tersebut sebagai upaya mengurangi debit sampah yang ada di kabupaten muara enim khususnya di tanjung enim.

Senior manager pengelolaan lingkungan dan penunjang tambang, Sukono mengatakan PTBA sudah melaksanakan pengolahan limbah B3, namun khusus non b3 itu di kelola bersama dengan masyarakat. “Untuk itulah dihadirkan Adi Saifullah Putra yang merupakan founder mall sampah indonesia yang berasal dari makasar,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan motivasi yang diberikan tentunya dalam hitungan bulan debit sampah bisa berkurang dan perekonomian meningkat. “Ya karena sampah itu bila dikelola akan bernilai ekonomi, sekarang tinggal mau atau tidak untuk melakukannya,” bebernya.

Untuk itulah, dirinya berharap agar peserta yang mendapat pengetahuan dan pelatihan bisa membagikan ilmunya dengan yang lain baik keluarga, rekan kerja maupun tetangga. “Mudah mudahan debit sampah bisa berkurang secara drastis dalam waktu dekat,” harapnya.

Sementara itu, camat lawang kidul, Rahmat Noviar mengatakan dirinya sendiri bukan sekedar sebagai undangan namun juga hadir sebagai peserta. “Ini salah satu langkah pasti untuk mengurangi debit sampah dan tentunya itu tidaklah mudah,” ungkapnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena setiap masyarakat memiliki pemikiran yang berbeda baik yang ada di desa maupun perumahan. “Di perumahan belum tentu mau melakukannya karena kesibukannya yang berbeda,” tukasnya.

Menurutnya, di kecamatan lawang kidul ada 29 ribu KK dengan jumlah penduduk mecapai 72 ribu. Sementara sampahnya dibuang ke kota muara enim. “Harus dipikirkan lagi bagaimana caranya sampah itu kita kelola sendiri dan memiliki nilai jual,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here