Beranda Muara Enim Kecamatan Ujanmas, Sosialisasikan Racun Hama Terbuat Dari Rempah

Kecamatan Ujanmas, Sosialisasikan Racun Hama Terbuat Dari Rempah

201
0

Laporan Imam Muara Enim

Muaraenim News, UJANMAS – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) gelar Launching Muara Enim Smart Regency, inovasi daerah dan teknologi tepat guna yang diikuti oleh beberapa dinas dan instansi, acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Muara Enim Ir H muzzakir Sai Sohar di gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muara Enim, Kamis(21/12/2017)

Kecamatan Ujanmas salah satu Kecamatan yang mengenalkan tekhnik pembuatan pestisida alami yang terbuat dari daun sirsak.

Ngadiam salah satu tim dari stand Kecamatan Ujanmas menuturkan kepada Muaraenim News.com, jika penggunaan pestisida sintetis atau kimia banyak pada tanaman dapat menimbulkan dampak negative baik terhadap jasad sasaran, bahkan dapat mencemari lingkungan sekitar. Sekarang kita ciptakan inovasi baru racun untuk membasmi hama pestisida alami yang terbuat dari daun sirzak, ini sudah terbukti cukup ampuh untuk membasmi hama pada tanaman misalnya pada tanaman padi dan sayuran.

“Racun pestisida alami ini di samping tak membutuhkan biaya yang tinggi untuk mencari bahannya, produksinya juga sangat mudah sekali, Katanya.

Lanjutnya pestisida alami ini sudah diproduksi sejak dua tahun, tetapi belum diperjual belikan, melainkan hanya diperuntukan untuk kelompok tani saja

“Iya, ini belum kita jual belikan, sekarang masih kita sosialisasikan terus kepada masyarakat tani khususnya dalam kecamatan Ujanmas”

Adapun cara membuat ramuan pestisida ini yaitu daun sirsak 100-200 lembar, rimpang jeringgau 2,5 gram, bawang putih 20 siung, detergen atau sabun colek 20 gram dan Air 20 Liter.

Selanjutnya daun sirzak, rimpang jerangau dan bawang putih ditumbuk atau dihaluskan atau dibelinder secara bersamaan, setelah itu dicampur dengan detergen kemudian direndam dalam 20 L air selama 2 hari. Keesokan harinya larutan bahan disaring dengan kain halus, setiap 1 Liter hasil saringan dapat diencerkan dengan 10-15 L air. Dan larutan pestisida nabati ini siap digunakan untuk mengendalikan hama, dengan cara di semprotkan ketanaman yang terserang hama atau dibagian bawah daun tempat biasanya hama berada

” simple sekali kan, cara pembuatannya dan menggunakannya dijamain sangat ampuh, silakan di coba ” Paparnya

Editor : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here