Beranda Semende Jamur Tumbuh di Semende Jadi Target Masyarakat Sekitar

Jamur Tumbuh di Semende Jadi Target Masyarakat Sekitar

927
0
Laporan Ningsih
Muaraenim News,Semende – Warga desa Talang Barisan Kecamatan Semende Darat Laut Kabupaten Muara Enim Senin (23/12/2019) saat ini sedang heboh lantaran berburu Jamur Tiung.
Jamur ini tumbuh dengan suburnya di daerah milik warga setempat. Jenis jamur liar yang langka ini hanya tumbuh satu tahun sekali di penghujung musim kemarau ketika memasuki musim penghujan.
Salah satu warga yaitu Nenek Rhyfa’i (54) warga Desa Talang Barisan, yang sedang asyik mengambil jamur dengan hasil petikan Jamur Tiung yang masih fresh tersebut ketika diwawancarai wartawan dilapangan si nenek mengatakan.
“Biasanya kalau musim kemarau, ada hujan beberapa hari, Jamur Tiung mulai tumbuh di bawah ilalang atau bekas lahan kosong yang terbakar . Itu pun satu tahun sekali jamur Tiung ini tumbuh,” ungkap Nenek Rhyfa’i.
Uniknya, berdasarkan keterangan warga setempat, jamur ini akan tumbuh saat hujan lebat.
Warga Desa sudah rutin setiap tahun memetik jamur ini,jamur ini baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual dengan harga Rp. 20.000 per kilogramnya.
Tak ketinggalan pula Asmianah (40) yang juga ikut memetik jamur Tiung bersama warga lainnya. Ia menambahkan
“Jamur Tiung ini bisa diolah jadi menu masakan seperti ditumis kering, dibuat jamur krispy, dimasak rendang, hingga bisa dibikin rempeyek”. Ujarnya
Jamur atau mashrom jenis ini memang tumbuh pada suhu yang memiliki kelembapan yang cukup tinggi.