Beranda Lawang Kidul Gedung SMP/SMA PGRI Sudah 3 Tahun Tidak dipungsikan pada hal di Kecamatan...

Gedung SMP/SMA PGRI Sudah 3 Tahun Tidak dipungsikan pada hal di Kecamatan Lawang Kidul  Masih Memerlukan Sekolah tingkat SMP N

2852
0

 

Laporan :  Nurpaisol Arpa

MuaraenimNews, LAWANG KIDUL —  Bangunan  Gedung tempat anak -anak genarasi penerus bangsa menuntut ilmu kini terbengkalai  hampir sebagian sudah hancur dan ada yang sudah nyaris ambruk, Selasa (26/06/2019).

SMA/SMP PGRI yang bangunanya terletak di RT O1/RW 01 Desa Tegalrejo.Kecamatan Lawang Kidul. Kabupaten Muaraenim. Kini seperti Gedung tua yang tak berpenghuni. Banguna yang sekolah yang bejumlah 12 lokal dengan luas tanah sekitar 2 hetar kini terbengkalai tanpa ada murid dan guru pengajar ( sudah tutup). Kegiatan belajar dan mengajar di SMA/SMP PGRI ini berhenti sekitar 3 tahun yang lalu diduga tidak ada murid.

Kecamatan Lawangkidul yang terdiri dari 4 Desa dan 3 kelurahan yang mempunyai  29 Sekolah Dasar (SD) yang setiap tahun meluluskan siswa mencapai ribuan orang. Sedangakan untuk Sekolah menengah tingkat pertama( SMP) hanya memiliki 2 SMP Negeri yaitu SMP Negeri 1 Lawang Kidul. Dan SMP Negeri 2 Lawang kidul.

Rudi ketua LSM MPEDAT Saat di jumpai media mengatakan, sangatlah di sayangkan bangunan yang bejumlah 12 ruangan di tambah paslitas penujang yg sudah ada seperti lapangan Basket, lapangan Bola tangkis, kini terbengkalai yaris ambruk tidak termanpaarkan apa lagi sekarang askes menuju SMP/SMA PGRI sudah bagus mobil sudah bisa sampai ke Gesung sekolahan, katanya

Dia juga menambahkan, Dengan padatnya penduduk dan banyaknya SD N dan swasta yang berada di kecamatan Lawang kidul, Sudah seharuanya untuk SMP N di tambah apalagi di sekarang pakai aturan zonasi, tambahnya.

“Dia mengharapkan agar itansi terkait bisa bekerja sama dengan pihak pemilik yayasan, gedung sekolah yang sudah 3 tahun lebi tidak di manpaatkan ini bisa di buat SMP Negeri mengingat SMP Negeri yang ada di Kecamatn Lawang Kidul cuma ada 2 SMP,” Harapnya.

Aripa salah satu wali murid yang anaknya diduga tidak terjangakau zonasi mengatakan, kepada pemeritah terkait agar memperbanyak SMP/ SMK Negeri di kecamatan Lawang Kidul Ini, nilai anak saya lumayan bagus karan tidak termasuk zonasi terpaksa tidak dapat melajutkan ke Sekolah negeri, ujarnya.

“Alangkah bagusnya kalau SMP Negeri di tambah sehinga bisa anak anak kami bisa bersekolah Di sekolah Negeri,” tambahnya.

Edithor : Rudi yansyah