Beranda Lawang Kidul Desa Tegal Rejo mengadakan Pawai TA’ARUF dan pawai obor menyabut 1 muharam.

Desa Tegal Rejo mengadakan Pawai TA’ARUF dan pawai obor menyabut 1 muharam.

105
0

Desa Tegal Rejo mengadakan Pawai TA’ARUF dan pawai obor menyabut 1 muharam.

Laporan Rudiyansyah

Muaraenim News, LAWANG KIDUL – Dalam Rangka menyambut  bulan muaharam Tahun baru islam 1440  Hijeriah dan Hari ulang Tahun hari jadi Desa Tegal Rejo 92, Senin(10/09/2018).

Dalam rangka menyambut Tahun baru islam dan hari jadi Desa Tegalrejo kecamatan Lawang kidul, kabupaten muaraenim( Su Sel). Masyarakat bersama pemeritah desa melaksanakan tradisi rutin setiap tahun, yaitu pawai TA’ ARUF dan Pawai OBOR.

Acara tradisi taunan ini di ikuti perseta dari setiap RT, selain pawai obor peserta menampilkan bermacam ragam kesenian yang ada di Desa setempat,  acara ini akan berajut sampai tagal 29/09/2018, adapun kegiatan yang di adakan, Lomba Shalawat, Lomba Tausiah, Lomba Fashion show, Pawai obor, penampilan kesenian Pencak silat, Kuda lumping/ Pegon, Reog ponorogo, Campur sari, Keroncong, Syukuran Hari ulang tahun Desa, Ceramah agama, Wayang kulit, dan jalan Sehat.

Tedi harsoyo kepala desa mengatakan, untuk kegiatan ini sudah agaenda rutin kita untuk menyambut 1 muharam tahun baru islam dan juga untuk memperingati ulang tahun dan sedakah Desa pada 10 muharam.

“Kegiatan ini harus kita lestrikan sampai gederasi berikutnya , sedekah Desa ini kita lakukan untuk mejalin silaturahmi dan mejaga persatuan dan kesatuan,” katanya.

Fanjari tokoh masyarakat desa tegal rejo menyampaikan, kegiatan pawai taaruf yang setiap tahunya diselengarakan, acara i ini dalam rangka menciptakan ukuwah islamian sekaligus memperingati tahun baru islam dan ulang tahun desa tegal rejo atau sedekah desa,  pawai taaruf ini juga merebutkan piala bergilir desa tegal rejo.

“Kegiatan ini selalu di tingkatkan pada tahun tahun yang akan datang demi terciptanya kebersamaanmasyarakat,” harapnya.

Senada yang di sampaika Eko suprianto selaku masyarakat Desa Tegal rejo, ia menikapi positif kegiatan yang di adakan pada malam ini sampai pada acara puncaknya nanti.

“Kegitan seperti ini harus kita pertahankan agar genderasi kedepanya mengenal adat dan seni budaya yang ada di desa kita ini, kegiatan ini harus tetap kita pertahankan agar keaenian dan adat desa kita ini tidak pudar termakan zaman,” tuturnaya.

Pantaun media di lapangan, pembukan acara ini di hadiri secam Lawang Kidul, kepala Desa tegal rejo, kadus dan rt yang ada di Desa Tegalrejo, Tirpika, tokoh masayrakat/pemuda, tokoh agama dan di ikuti ribuan masyarakat Desa tegal Rejo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here