Beranda Sumsel 32 Media Online Sumsel di Ferivikasi Dewan Pers

32 Media Online Sumsel di Ferivikasi Dewan Pers

82
0

Laporan Hafizul Ahkam

Muaraenim News, PALEMBANG – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Selatan di ferevikasi oleh tim ferivikasi Dewan Pers, di sekretariat SMSI Sumsel Jalan Supeno No 11 Palembang, Senin, (17/9/2018).

Pada ferivikasi ini sebanyak 32 berkas kelengkapan media online yang ada di sumatera selatan langsung di cek satu persatu oleh tim ferivikasi dewan pers.

Ketua SMSI Sumsel H Oktap Riadi SH, di dampingi Sekretarisnya Jon Heri S Sos, mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menerima sebanyak 32 berkas dari 80 lebih media online yang ada di sumatera selatan.

“Kita serahkan 32 berkas kepada tim ferivikasi dari dewan pers, yang saat ini langsung memeriksa satu persatu berkas media online ini,” Kata Oktap.

Sementara Jimi  Silalahi tim ferivikasi dewan pers mengatakan, dewan pers memang melakukan pendataan terhadap pers yang berbada hukum indonesia, sampai hari ini tiba di sumatera selatan.

“Kita perlu tegaskan, Pers itu ada rumah ada isinya, Rumahnya perusahaannya, dan isinya adalah wartawannya, dan hari ini kita periksa satu persatu berkas dari Sumatera Selatan, hal ini dilakukan untuk memperjelas keberadaan pers itu,” Ujar dia.

Dia menambahkan, Metodeligi yang dilakukan dengan ferivikasi, sama halnya dengan BPS, maka pihaknya melakukan pengecekan secara tota, dilakukan ferivikasi administrasi dan ferivikasi faktual.

“Dewan pers memferivikasi khusus pers, yaitu menangani pers, maka dewan pers tidak memferivikasi, media sosial, tentu harus di bedakan antara informasi dan berita, kalau media bisa saja medsos seperti facebook, Instagram dan medsos lainnya, sementara pers jelas adalah yang bergerak dalam bidang pemberitaan,” Ujar Jimi.

Bersama Jimi silalalahi, datang Irwan Kabag umum Dewan Pers. Selain itu puluhan pimpinan media online hadir dalam ferivikasi ini.

Sampai berita ini di tulis, dewan pers masih melakukan pemeriksaan berkas ke 32 Media online di Sekretariat SMSI Sumsel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here