BerandaNasionalTeleconference Perkembangan Lab PCR, Kepala Staf Angkatan Darat Pantau Penanganan Covid-19

Teleconference Perkembangan Lab PCR, Kepala Staf Angkatan Darat Pantau Penanganan Covid-19

222
0

Laporan Dadang HR

Muaraenimnews, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa terus memantau penanganan Covid-19 yang dilakukan secara berkala, selasa (22/09/2020).

Adapun dalam pertemuan Virtual kali ini,KASAD mendapatkan laporan perkembangan Lab PCR untuk seluruh RS TNI AD di Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memberikan langsung dukungan untuk 20 Lab PCR dan kementerian pertahanan sebanyak 17 Lab PCR ujar Orang no satu di jajaran TNI AD itu.

Selain itu,KASAD juga memberikan arahan agar setiap RS TNI AD yang menangani pasien Covid-19 dengan klasifikasi sedang atau berat,agar memanfaatkan terapi plasma Konvalesence tersebut,tidak hanya diberikan untuk pasien anggota TNI AD saja,namun untuk seluruh pasien yang membutuhkan.

“Ada beberapa yang tanya ke saya, mereka ingin tahu bagaimana caranya untuk dapat plasma Konvalesence kita terbuka untuk membantu mereka,Karena yang dimiliki di RSPAD itu untuk kemanusiaan untuk semua yang membutuhkan,” imbuh KASAD.

Salah satu pasien yang berhasil sembuh dengan terapi plasma Konvalesence yakni kepala kesehatan Kodam dua/Sriwijaya,Kolonel Ckm dr.Asep Ismanto ia mendapatkan perawatan selama 4 Minggu di RSPAD dengan pemberian terapi plasma Konvalesence

“Saya masuk RSPAD dengan kondisi yang sudah menurun,saya mendapatkan perawatan terapi plasma Konvalesence, kemudian keadaan saya berangsur membaik,” ujar Kolonel Ckm DR.asep Ismanto Kakesdam dua/Kodam dua Sriwijaya

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, “melihat dari pengalaman Kakesdam II/Sriwijaya yang terpapar Covid-19, menunjukan bahwa tenaga medis harus menjadi prioritas dalam pengecekan SWAB secara berkala.
Tugas mereka sebagai garda terdepan membutuhkan perlindungan awal dari paparan covid-19.”tegas Kasad.