Beranda Semende Puluhan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen Akibat Irigasi Terbawa Longsor

Puluhan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen Akibat Irigasi Terbawa Longsor

169
0

Laporan Karmen

Muaraenimnews.com.SEMENDE-Puluhan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen Akibat Irigasi Terbawa Longsor,Hal ini terjadi di Desa Batu Surau,Kecamatan Semende Darat Tengah Kabupaten Muara enim.

Dari pantauan awak media ini bersama masyarakat yang meninjau langsung tempat longsor,Dua irigasi habis terbawa oleh longsor yakni irigasi Sinar Benteng dan Irigasi Siring Baru.

Untuk irigasi sinar benteng terdapat empat titik longsor dengan panjang bervariasi antara empat sampai lima belas meter sementara untuk irigasi siring baru sepanjang 20 meter akibat dari longsoran dari irigasi sinar benteng yang berada di atas siring baru.

Samri (43) salah satu pengguna irigasi yang kami tanya perihal longsornya irigasi ini beliau mengungkapkan akan di usahakan untuk melakukan gotong royong.

“kami para pengguna irigasi terlebih dahulu akan berusaha semampu kami sebelum adanya bantuan mengingat banyak dan panjangnya longsor”katanya kepada Media Muaraenimnews.com, Selasa (26/04/2022).

Dirinya mengatakan juga jika air ini tidak bisa di alirkan takutnya saat kemarau nanti seluruh sawah akan mengalami kekeringan,padahal saat ini situasi padi sedang sangat memerlukan air.

“Kita akan usahakan untuk di lakukan gotong royong dahulu semampunya mengingat banyak dan panjangnya longsor.Sebab jika air ini tidak bisa di alirkan yang kami takutkan saat musim kemarau sawah kami akan mengalami kekeringan,padahal saat ini padi kami sedang sangat memerlukan air”ujarnya.

Saat kami konfirmasi ke kepala Desa Batu surau Bapak Ridwan beliau membenarkan perihal longsor ini.