Beranda MuaraEnim Plt Bupati Hadiri Malam Puncak Festival Kesenian Tradisional

Plt Bupati Hadiri Malam Puncak Festival Kesenian Tradisional

61
0

Laporan Hafiz

Muaraenim News, MUARAENIM – Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH hadiri sekaligus menyerahkan hadiah lomba Tari Kreasi Daerah, Lomba Fotografi dan Videografi dalam kegiatan Festival kesenian tradisional Muara Enim tahun 2019 Sabtu malam, (19/10/2019).

Acara ini dilaksanakan di taman Adipura Kota Muara Enim, nampak Hadir Sekda Muara Enim H Hasanudin, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono SH Sik MH,  Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Syafrudin, beberapa pejabat lingkup Pemkab Muara Enim serta tamu kehormatan dari Kementerian Pariwisata RI, Bambang Wijanarko.

Ketua Panitia Festival Kesenian Tradisional Muara Enim tahun 2019 sekaligus Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Muara Enim H Rinaldo SSTP MSi mengatakan terselenggaranya acara tersebut atas kerjasama antara Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Muara Enim dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Muara Enim.

Dikatakan dia selain meningkatkan wisatawan untuk berkunjung ke Muara Enim, festival ini juga untuk mengajak masyarakat dalam berperan serta memajukan seni dan budaya Kabupaten Muara Enim.

” Festival ini ini dilaksanakan dari tanggal 18-19 Oktober 2019. Dalam festival ini ini dilaksanakan berbagai perlombaan yakni lomba tari kreasi daerah yang diikuti 18 Grup Tari, lomba fotografi yang diikuti 10 peserta dan lomba videografi yang diikuti 24 peserta. Pesertanya berasal dari Muara Enim dan Kabupaten se- Sumsel diantaranya Lahat, Banyuasin dan Ogan Ilir serta kata-kata pada malam puncak dilaksanakan penyerahan hadiah bagi para pemenang dan menampilkan juga artis ibukota Zian Ex Zigaz,” terangnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya menyampaikan, Muara Enim menyimpan potensi seni dan budaya multietnis yang bila dikemas dengan baik akan menjadi seni budaya yang bernilai tinggi akan tetapi bila tidak dapat dijaga dengan baik seni dan budaya daerah tersebut akan tergerus oleh peradaban terutama peradaban asing.

“Pengembangan kesenian dan kebudayaan sudah menjadi keharusan bagi kita agar peradaban kita tidak Kehilangan identitas diri. Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim sangat mendukung festival kesenian tradisional ini sebagai upaya pengembangan dari kesenian daerah sebagai bagian integral dari seni dan budaya nasional. Di masa mendatang saya berharap kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk meningkatkan jumlah wisatawan untuk datang ke Muara Enim dan sebagai bagian ajang promosi potensi Kepariwisataan Kabupaten Muara Enim agar berkembang lebih baik sebagai potensi peningkatan pendapatan daerah dari sektor pariwisata,” papar Juarsah.