Beranda Sumsel Panwascam Lahat Mulai Terima Berkas Pendaftaran Pengawas TPS

Panwascam Lahat Mulai Terima Berkas Pendaftaran Pengawas TPS

57
0
Laporan Vebby Malik & Deddy Andespa
Muaraenim News, LAHAT – Jelang pemilihan Kepala daerah yang bakal di gelar upada 27 Juni mendatang, Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, Menerima pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara  (TPS).
Vemiliani, Ketua panitia kelompok kerja pembentukan pengawas TPS  kelurahan Desa Kecamatan Lahat,  mengatakan, untuk di lahat sendiri pihaknya telah mulai menerima berkas lamaran  Pengawas TPS ini.
“Kita sudah mulai menerima berkas lamaran calon pengawas TPS ini,” kata Vemili.
Selain di Lahat, pendaftaran pengawas TPS ini dibuka di seluruh sekretariat atau kantor Panwaslu Kecamatan se-Sumatera selatan. Salah satu tugas dan fungsinya yaitu memastikan pemungutan dan penghitungan suara berjalan berpedoman pada peraturan yang ada.

Pengawas TPS tidak hanya bekerja pada hari pencoblosan saja, tetapi juga mulai mengawasi saat persiapan menjelang pemungutan suara. Seperti pengawasan pendistribusian logistik, persiapan tempat pemungutan suara, pembagian C6, dan memastikan tidak adanya praktik politik uang di masa tenang.

Rekrutmen pengawas TPS diumumkan sampai ke pengawas kelurahan dan desa. Pada 21-27 Mei 2018 proses pendaftaran dan penerimaan berkas, setelah itu dilakukan penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi.

Sesuai jadwal tahapan pembentukan, pengawas TPS terpilih akan dilantik pada 3 Juni 2018 mendatang. Untuk masa kerja 23 hari sebelum Pilkada Sumsel dan tujuh hari setelah pelaksanaan Pilkada Sumsel 2018.
Agar pendaftaran pengawas TPS berjalan sukses, Panwascam akan melakukan penyeleksian secara ketat untuk pembentukan pengawas TPS, mulai dari rekam jejak hingga pengalaman.
“Siapa yang terbaik akan terpilih. Sebelum turun ke lapangan untuk bekerja, kami akan melakukan bimtek terlebih dahulu kepada pengawas TPS yang terpilih agar nantinya dapat menjalankan tugas sesuai dengan pedoman dan aturan yang berlaku,” kata Vemeli.
Edithor Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here