Beranda Sumsel Ratusan Juta Dana BUMDES Diduga Diselewengkan, Aliansi Indonesia Buat Laporan Resmi Kepolda...

Ratusan Juta Dana BUMDES Diduga Diselewengkan, Aliansi Indonesia Buat Laporan Resmi Kepolda Sumsel

420
0

 

Laporan : Budi KBH

MuaraenimNews, OKU TIMUR  — Aliansi Indonesia Kembali soroti dan bongkar penyelewengan dana BUMDES Kabupaten OKU Timur patut diduga 80 pesen tidak terialisasi, berdasarkan ratusan laporan masyakat dari beberapa Kecamatan seperti contoh laporan dari Pak Nur dan Pak Jon dari Kecamatan Madang Suku I, Pak Supri dari Kecamatan Belitang Jaya, Pak Candra dari Kecamatan Belitang 2, Pak Bowo dari Kecamatan Belitang Madang Raya, Pak Andri dari Kecamatan Buay Madang Timur, Pak Darto dari Kecaman Belitang Jaya, Pak Adi dari Kecamatan Jayapura, dan Kecamatan lainya, hal ini dikuatkan juga dengan hasil Tim Investigasi Aliansi Indonesia di lapangan yang di dimpimpin oleh Pak Wali, Pak Toni, Pak Adi, dan Pak Wahyu, didampingi Tim Media Delik Hukum (25/04/19) di Kantor Aliansi Indonesia Jl. Sudirman Desa Bedilan, Kec. Belitang, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan, nomor pengaduan masyarakat 0823 7112 1616.

Saat diwawan carai Mereka membenarkan bahwa
Kantor BUMDES tidak jelas dimana lokasinya, bahkan bisa dikatakan tidak ada kantor, usahanya tumpang tindih tidak sesuai apa yang diharapkan oleh pemerintah, dana BUMDES banyak diambil alih dan diatur oleh Kades setempat, dikuasai oleh pejabat pemerintah Desa, pembukuanya patut diduga fektif, berapa dananta pertahun tidak transfran, ironisnya lagi dana BUMDES hanya digunakan untuk kepenting pribadi tidak sesuai dengan panduan yang ada untuk mengembangkan usaha masyarkat Desa.

Dalam hal ini Kanda Budi Aliansi didampingi Jamaludin,S.H selaku Panasehat Hukum akhirntnya angkat bicara, Kanda Budi katakan untuk membuktikan dana BUMDES jalan atau tidak, Sekarang kita cek di setiap Desa yang ada di Kabupaten OKU Timur 305 Desa yang ada, kalau dana BUMDES itu setiap tahun dikucurkan paling kecil 115 juta misalnya, sudah berapa tahun berjalan, terus mana hasilnya di Desa OKU Timur, kami rasa itu nihil.

Saat ditanya oleh Tim Aliansi Indonesia dan Tim Media Delik Hukum Ketua BUMDES bilang ada Pak dibelikan sapi, belikan telaktor, buat usaha ini itu, saat diminta keterangan secata tertulis, seribu dalih tidak berani, karena apa? Karena benar tidak terialisasi, mending jawab saja, uangnya sudah kami bagi – bagi Pak, termasuk Pak Kades ikut terima bagian, bilang saja itu mala lebih jentelmen dan ngecilkan dosa” ujar Kanda Budi seraya menirukan hasil wawancara Ketua BUMDES (nama dirahasiakan).

Masih Kanda Budi Aliansi, Jadi lucu kalau dari Tim SATGAS Dana Desa dari Pusat, dan pemerintah Kabupaten OKU Timur bilang dana BUMDES di OKU Timur sudah terialisasi dengan baik, mana buktinya, turun ke lapangan, data semua BUMDES yang berjalan baru ngomong, bukan hanya melihat data diatas meja, karena diduga sudah dapat upeti asal Papa senang, tidak bisa gitu Pk Bos…!!!

Terus perlu diketahui juga oleh pihak pemerintah Kabupaten OKU Timur Aliansi Indonesia bukan untuk dijadikan bemper pelindung para PUNGLI dan KORUPSI, itu perlu dicatat” Pungkasnya”

Edithor : Rudi yansyah