Beranda MuaraEnim Persiapkan Kader Muda NU 150 Pelajar Ikut Kaderisasi

Persiapkan Kader Muda NU 150 Pelajar Ikut Kaderisasi

158
0

 Laporan Hafizul Ahkam

Muaraenimnews.com, MUARAENIM – Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Muara Enim Gelar Makesta dan Lakmud Angkatan pertama bertempat di Hotel Griya Serasan Muara Enim. Sabtu, (30 /10/2021).

Ketua pelaksana Hidayatullah, mengucapkan selamat datang kepada para peserta Makesta dan Lakmud. Ia juga menekankan bahwa kegiatan ini adalah ajang kesempatan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya.

Selamat datang kepada para peserta, kalian pastinya sudah mengikuti dari mulai FAB sampai screening. Ini sebuah kesempatan, patut untuk disyukuri agar nantinya kalian selalu ingat pada tekad awal mengikuti kegiatan ini niatkanlah untuk mencari ilmu, dan memaknai salam Pelajar NU: Belajar, Berjuang, Bertaqwa”

Dengan Mengusung Tema “ Revolusi Kader Yang Militan Dan Bertanggung Jawab Dalam Memperjuangkan Tradisi dan Kemurnian Ajaran Ahlussunah Wal Jama’ah”, Makesta dan Lakmud ini diikuti 150 Peserta, dari Kecamtan, Santri Pondok Pesantren dan Siswa siswi SMA-SMP Sederajat dalam Kabupaten Muara Enim. Makesta dan Lakmud ini akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan, karena kegiatan ini masih dalam situasi pandemi kegiatan ini tentunya akan menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah peserta sebanyak 150 orang terdiri dari PAC IPNU-IPPNU, Santri pondok pesantren dan SMA SMP sederajat” pungkasnya

Masa Kesetiaan Anggota (Makesta)dan Latihan Kader Muda (Lakmud) merupakan latihan tahap kesatu da kedua kaderisasi IPNU-IPPNU. Ini sebagai awal lahirnya kader muda pelajar NU yang bertujuan untuk menghasilkan kader militan, merasa memiliki, disiplin, bekerja sama, dan bertanggung jawab. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Sumatera Selatan, Arip Parawita dalam sambutannya pada pembukaan

IPNU-IPPNU adalah Badan Otonom (Banom) NU yang dilahirknn dari rahimnya Nahdlatul Ulama. Dirinya mengucapkan terimakasih kepada PCNU Kabupaten Muara Enim terkhusus kepada Ketua Tanfidziyah Gus Amu, yang telah mensupport penuh terselenggara nya kegiatan Pengkaderan ini. Mudah-mudahan dengan dukungan ini dirinya optimis dan yakin Jam’iyyahnya IPNU-IPPNU akan tumbuh subur di Bumi Serasan Sekundang.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan kepada para Kiayi Pimpinan Pondok Pesantren dan Sekolah yang ada di Kabupaten Muara Enim kiranya selalu mensupport dengan hadirnya Kader-kader IPNU-IPPNU dan berkenan jika Kader IPNU-IPPNU untuk melakukan Pengkaderan rutin di pondok pesantren dan sekolah-sekolah.

“Saya memohon kepada para Kiayi Pimpinan Pondok Pesantren dan Pihak Sekolah yg ada di kabupaten Muara Enim kiranya untuk berkenan memberikan fasilitas jika nanti akan diadakan pengkaderan”Ucapnya

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Muara Enim yang di wakili oleh Wakil Ketua PCNU Ustadz April Kohar menyampaikna apresiasi melihat antusias peserta calon Kader Muda NU yang luar biasa semangat untuk mengikuti pengkaderan Makesta dan Lakmud IPNU-IPPNU. Mudah-mudahan menghasilkan kader-kader muda NU yang militan dan siap meneruskan perjuangan NU di masa mendatang

Tantangan NU kedepan juga semakin berat, terutama dalam hal Perang Media. Dirinya menyampaikan sebagai kader Muda NU harus bergerak Berjuang, Syiar Dakwah Aswaja melalui Media.

Akhir-akhir ini Tokoh NU selalu diserang di media dgn mengulang-ulang informasi yang sebenarnya ada hal yg Substansial. Namun karena ada serangan yang masif. Sehingga dipotong diambil potongan Video yg seolah yg disampaikan salah semua.

“Selama 3 hari kedepan mengikuti pengkaderan punya bekal dalam menghadapi tantangan kedepan, Khususnya dalam mengawal Media dan ajaran Aswaja oleh sebab itu Kader muda NU harus bergerak Berjuang, Syiar dakwah Aswaja melalui Media untuk memberikan Pemahaman Supaya tidak gagal paham” ungkapnya

Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan bahwa dengan diadakannya Makesta dan Lakmud ini bisa menciptakan SDM unggul yang mampu menuangkan potensi secara maksimal, karena IPNU-IPPNU adalah wajah NU di masa mendatang.

“ini adalah momen perjuangan estafet kepengurusan IPNU-IPPNU dan tentunya untuk keberlangsungan kepengurusan NU di masa depan.” katanya

Terakhir dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pimpinan Wilayah IPNU-IPPNU yang telah hadir untuk mengawal dan mentransfer ilmunya selama pengkaderan 3 hari kedepan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada rekan rekanita Pimpinan Wilayah IPNU-IPPNU Sumatera Selatan yang telah hadir untuk mengawal pengkaderan ini” tutupnya

Hadir dalam pembukaan Rais Syuriah PCNU Kiayi Miftah Kaprawi, .Perwakilan Kemenag Muara Enim. Perwakilan Polres resort Muara Enim, perwakilan Dinas pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim, Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Imam Syafei, Ketua LDNU Al paqih Andopa, Ketua Al Ma’arif NU Deni Putra, PC PMII Kabupaten Muara Enim serta tamu undangan lainnya.