BerandaMuaraEnimMeski Belum Ada Usulan Wabup DPRD Bersiap Susun Tatib dan Panitia Pemilihan

Meski Belum Ada Usulan Wabup DPRD Bersiap Susun Tatib dan Panitia Pemilihan

226
0
Laporan Arif Rahman Hakim
 
Muaraenim News, MUARA ENIM, – Meski belum adanya usulan calon wakil bupati, namun sejauh ini DPRD Kabupaten Muara Enim sudah melakukan persiapan referensi untuk penyusunan tatib (tata tertib) dan panitia pemilihan.
 
Secara politik, tiga partai politik pengusung Ir H Ahmad Yani MM- H Juarsah SH pada saat pencalonan yakni Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Hati Nurani Rakyat.
 
Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Muara Enim, Lido Septontoni mengatakan proses Pilwabup diawali masuknya usul calon Wakil Bupati yang akan dipilih di DPRD Muara Enim dari Bupati Muara Enim setelah adanya pengajuan dari partai pengusung Bupati dan Wabup terpilih sebanyak 2 orang. Setelah itu, baru proses pemilihan di DPRD dapat dilaksanakan. 
 
“Sampai saat ini usul dimaksud belum masuk(ke DPRD Muara Enim), namun demikian DPRD Kabupaten Muara Enim sudah melakukan persiapan referensi untuk penyusunan tatib(tata tertib) dan panitia pemilihan,” jelasnya.
 
Sementara salah seorang anggota DPRD Muaraenim mengatakan, “Pak Bupati H Juarsah SH saat ini sudah definif dan secara jabatan, ada jabatan wakil bupati yang pernah dijabatnya untuk mendampingi beliau melanjutkan program merakyat sampai tahun 2024 mendatang,” ungkap salah satu politisi yang tak mau disebutkan namanya, Rabu (20/1/2021).
 
Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Muara Enim, Drs Emran Thabrani membenarkan akan adanya proses pemilihan Wakil Bupati Muara Enim itu ke depan. Namun, kata dia, Pemerintah Kabupaten Muara Enim hanya menunggu dan membantu DPRD Muara Enim untuk menggelar pelaksanaan pemilihan itu saja.
 
“Mungkin yang lebih tepat jawabnya DPRD Kabupaten Muaraenim karena proses pemilihan wakil bupati itu tugas DPRD. Mulai dari menyusun tata tertib, membentuk panja pemilihan wabup, penyusunan tahapan pendaftaran, pengajuan calon wabup, penetapan nama-nama calon, pelaksanaan pemilihan sampai pengajuan calon terpilih ke Mendagri melalui Gubernur Sumsel. Itu semua tugas DPRD,” kata Emran.