Beranda MuaraEnim Lebatnya Curah Hujan Akibatkan Banjir di beberapa tempat di Kota Muaraenim

Lebatnya Curah Hujan Akibatkan Banjir di beberapa tempat di Kota Muaraenim

288
0

Laporan M. Zulfadli

Muaraenim News, MUARAENIM-Lebatnya curah hujan di Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan, mengakibatkan banjir dibeberapa titik di wilayah kota Muaraenim, Senin (17/02/2020)

Akibat lebatnya intensitas curah hujan sore ini yang terjadi sekitar pukul 18.00 hingga Pukul 21.00 wib, tanpa diduga akhirnya mangakibatkan banjir. Adapun titik-titik yang terdapak banjir diantaranya Kelurahan Air Lintang meliputi Sepanjang jalan kirab remaja,Gang Pasundo, dan Perum BSD,kemudian wilayah pasar II Muaraenim yakni Komplek Akasia Permai sebelum terminal Regional dan Jalan RA Kartini.

Tingginya intensitas hujan menyebabkan air tidak tertampung oleh gorong-gorong dan parit, hal ini juga menyebabkan beberapa sungai kecil meluap, hingga mengakibatkan puluhan rumah terendam banjir bahkan tak sedikit harta benda tak dapat diselamatkan karena terendam dan hanyut terbawa arus banjir.

Beberapa pagar rumah roboh, dan kendaraan bermotor terendam, sementara perabot rumah tangga berserakan di mana – mana, bahkan beberpa warga masih mencari barang – barang hilang terbawa arus, kolam keramba budidaya ikan ikut tergenang hingga ikan di dalamnya habis terbawa arus banjir. hal tersebut terjadi tanpa diduga karena hujan lebat yang bertepatan dengan sholat magrib, hingga korban tidak sempat menyelamatkan barang berharga mereka.

sementara itu Zul Khaidir Sidik selaku sekretaris Dinas Sosial memyampaikam bahwa saat mereka tengah berupaya meredam banjir. “saat ini kita dari pihak dinas sosial badan penanggulangan bencana (BPBD) , tim basarnas dan tagana tengah melakukan penyedotan genangan air di beberapa titik guna mengurangi genangan air itu disisi lain dan saat ini pihak dinas sosial tengah mendata korban yang di akibatkan banjir ini namun diperikirakan ratusan rumah terendam akibat banjir ini” Paparnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa setelah dilakukan observasi dan pengecekan menyatakan bahwa kondisi air sudah mulai surut ” Alhamdulillah setelah kita lakukan pengecekan dan upaya penyedotan saat ini air sudah mulai surut, akan tetapi dihimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dikarenakan hujan kembali lebat hingga mengakibatkan banjir susulan,” Pungkas Zulkhaidir