BerandaMuaraEnimKedepankan Kemajuan Desa, Musdes Pajarbulan Layak Dicontoh

Kedepankan Kemajuan Desa, Musdes Pajarbulan Layak Dicontoh

182
0

Laporan Zulkar ‘ 0c

Muaraenim News, SEMENDE – Musyawarah Desa merupakan media pertukaran ide, informasi, dan aspirasi masyarakat Desa dalam penyelenggaraan Desa, sehingga dalam penyelenggaraannya harus disiapkan sebagai wadah implementasi ruang partisipasi publik dalam implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Ramli (35) kadus kampung (4) empat, membuka acara musyawarah desa sabtu (26/12/2020), yang melibatkan toko agama, toko masyarakat, toko pemuda dan tidak lupa BPD kampung empat, Saripudin, acara yang di gelar tetap mematuhi protokol Covid – 19.

“Acara ini kami adakan dalam bentuk Musdes untuk menampung partisipasi,aspirasi, masyarakat Desa yang akan menjadi partisipasi masyarakat yang akan kami sampaikan bersama BPD, dalam acara Musdes (Musyawara Desa) nanti,di penghujung rapat nanti hasil rapat akan di bacakan oleh notulen dan ini yang akan kami jadikan pedoman bersama BPD untuk kami sampaikan ke Musdes dalam penyusunan Rancana kegiatan pembangunan,”tutur Ramli.

Sementara itu Saripudin BPD menambahkan jadi Musdes ini baru pertama di adakan yang langsung mendengarkan aspirasi masyarakat, kampung (4) empat,” hasil rapat malam ini yang akan menjadi pedoman kami beserta Kadus untuk rencana pembangunan yang akan di bahas dalam musdes nanti”imbuhnya.

Mewakili dari toko agama M. Paizal Dadai, toko masyarakat, Anuarsa , St . Sangat mengapresiasi pemerintah desa terkait pembangunan yang di rancang melibatkan banyak elemen dan masyarakat langsung membeberkan keluhannya terkait pembangunan dalam kampung yang akan di jadikan bahasan oleh pemerintah terkait untuk Musdes nanti.”semoga kegiatan ini bisa berkesinambungan untuk ke depan,”harapnya.

Kepala desa ( kades ) dan di konfirmasi oleh Zulkarnain ‘oc, selaku wartawan Muaraenim News, Musdes (Musawara desa) yang selama ini vakum kini kita giatkan lagi dan kami tidak akan menerima usulan hanya dari Kadus atau BDP saja tanpa ada rekap hasil Musdes yang di sampaikan oleh masyarakat.

“Karena pembangunan itu sendri memang harus di rasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat semoga masyarakat dan pemerintah untuk kedepan bisa benar benar bersinergi untuk kemajuan bersama,” tutup kades.