BerandaSumselGandeng PT Pelindo Pemprov Sumsel Rencanakan Bangun Pabrik Hilirisasi Kopi

Gandeng PT Pelindo Pemprov Sumsel Rencanakan Bangun Pabrik Hilirisasi Kopi

132
0

 

Laporan Ilhamudin

Muaraenim News, PALEMBANG – Menggandeng PT. Pelindo II cabang Palembang Pemprov sumsel berencana membangun pabrik hilirasi kopi.
Rencana pembangunan ini akan di tempatkan di atas lahan seluas 135 hektare di kawasan Sungai Lais, Kecamatan Kalidoni palembang.

Sungai Lais merupakan lahan setrategis, karena kawasan ini terhubung langsung dengan Pelabuhan Boom Baru Palembang. Pelabuhan ini dapat mengakses ke Pelabuhan Tanjung Periok Jakarta dan bisa mengakses lansung ke singapura.

Rudi Arpian, Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan (P2HP) Disbun Provensi sumsel mengatakan, nanti petani kopi di sumsel akan di berikan bantuan berupa peralatan pasca panen. Guna meningkatkan pengolahan hasil panen. agar bisa mencapai mutu kopi sesuai standar kwalitas ekspor.

“Nanti petani kopi di sumsel akan kami berikan peralatan pasca panen. Agar hasil panen petani dapat di olah secara baik dan benar, agar petani kopi bisa menghasilkan biji kopi yang sesuai standar ekspor”, kata Rudi Arpian berapa pekan lalu.

Angin segar bagi sumsel, mengingat sumsel sangat potensial akan hasil kopi. Bukan saja bagi petani kopi. Namun juga bagi dunia ketenaga kerjaan. Karena nantinya pabrik ini di pastikan akan dapat menyerap begitu banyak tenaga kerja, serta menyumbang Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) sumsel yang begitu besar.

Rudi Arpian juga menambahkan, nanti sumsel akan mengekspor sendiri hasil buminya. Tidak harus ekspor melalui Pelabuhan Panjang Bandar Lampung Lagi. Dan ini di pastikan akan banyak memangkas biaya pengiriman dari daerah ke gudang eksortir.

“Nanti kita tidak lagi mengekspor hasil bumi kita melalu provensi Lampung. Kita akan ekspor sendiri hasil bumi kita”, tutup Rudi Arpian, Sabtu (13/02/2021).