Beranda Gelumbang Desa Gaungtelang Wujudkan Pasilitas Serbaguna

Desa Gaungtelang Wujudkan Pasilitas Serbaguna

117
0

Laporan Mandubil H

Muaraenim News, GELUMBANG – Kepala Desa Gaung Telang, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, berhasil wujidkan bangunan serbaguna dengan dana desa, hal ini diketahui usai musrembangdes di gedung serba guna desa gaung telang yang membahas rencana bangunan 2020 mendatang.

Ketua tim pelaksana inovasi desa (TPID) Zakaria didampingi Mandubil Haitami pendamping lokal desa (PLD) setempat, usai musrenbanh nampak  melakukan capturing di desa ini, dia mengatakan, pihaknya melaksanakan hal ini dengan tujuan agar desa lebih maju lagi kedeoannya di berbagai bidang.

“Melalui proses pendekumentasian atas pengetahuan dan pengalaman desa dalam pemanfaatan dana desa yang inovatif agar dapat di sebarkan ke desa lainnya, untuk di replikasikan atau di kembangkan,” ungkap dia.

Sementara Zazili  Kepala desa setempat di dampingi perangkatnya Mengatakan permasalahan yang ada di desa meraka selama ini tidak ada sarana yang bisa digunakan masyarakat untuk berkumpul. Khususnya para remaja dalam mengisi waktu luang sekaligus untuk menyalurkan hobi di bidang olahraga. 

“Kondiai ini muncul gagasan dari warga untuk membuat bangunan yang dapat digunakan untuk kegiatan olahraga. Dengan konsep menyatukan  sarana olahraga dengan gedung serba guna dan di depannya ada pasar desa melalui kucuran dana desa yang ada secara bertahap. Pada tahun 2018 dan 2019 pemerintah desa menganggarkan pembangunan gedung serba guna dengan total  biaya 500 juta. Kemudian, pembangunan lapangan bola volly 2 unit total biaya 200 juta,” Kata Zazili.

Dia menambahkan, dengan adanya pembangunan tersebut, warga setempat yang hobi olahraga bisa memanfaatkan gedung serba guna ini, swlain itu bisa juga untuk musyawarah, hajatan, kumpul warga. Dan di pasar desanya. 

“Ekonomi desa bisa berkembang sehingga suasana sekarang ini cukup maju, kami sampaikan terima kasih kepada pemerintah serta program yang turut andil dalam pelaksanaan dana desa,” pungkas dia.