BerandaNasionalBupati Lamsel Bagikan Bantuan Alat Mesin Pertanian

Bupati Lamsel Bagikan Bantuan Alat Mesin Pertanian

212
0

Laporan Ganda/Dadang HR

Muaraenim News, LAMSEL – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) H.Nanang Ermanto serahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) ke masyarakat bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) untuk Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Desa Muara Putih Kecamatan Natar, Rabu (16/9/2020).

Alat mesin pertanian (Alsintan)yang diberikan melalui jalur aspirasi PDIP tersebut, berupa 4 Unit Hand Traktor dan 2 Unit Pompa Air, sesuai dengan usulan KTNA Desa setempat pada tahun 2019.

Kepala dinas (Kadis) Pertanian Lamsel, Bibit Purwanto yang juga hadir mendampingi Bupati Lamsel saat itu mengatakan, bantuan pada tahun 2020 akan diturunkan dalam waktu dekat bersamaan dengan usulan reguler dari kabupaten lamsel.

“Untuk tahun 2020, Kelompok Tani dan Gapoktan yang telah mengusulkan melalui proposal baik dengan jalur aspirasi maupun jalur reguler kabupaten, Bulan ini akan turun,” Ujarnya.

Bibit Purwanto selaku kepala dinas pertanian (kadis) juga mengatakan bantuan-bantuan untuk KTNA kedepan akan diberikan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program lainnya.

“Selama ini keluhan petani setiap panen terutama yang holtikultura mengalami penurunan.Terkait hal itu Pak Bupati akan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMD) untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Kedepan, bantuan-bantuan benih dan produksi akan diturunkan melalui kredit usaha rakyat (KUR) dan program-program yang memang membentuk petani jadi mandiri,” Ucapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto mengatakan kehadiran Komisi IV DPR RI sangat membantu pemerintah daerah dan masyarakat lamsel.

“Komisi IV DPR RI melalui Fraksi PDIP sangat membantu saya dan masyarakat lamsel dengan bantuan-bantuan yang telah diberikan, ini menjadi salah satu kekuatan saya untuk membangun lamsel,” Ucapnya.

“Pesan saya alat ini supaya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, ini bukan punya ketua kelompok saja tetapi milik bersama anggota kelompok lainnya,” Ujar orang no satu di Lampung Selatan itu.

Nanang juga mengatakan agar KTNA yang belum dapat bantuan untuk segera mengajukan proposalnya sehingga apa yang dibutuhkan kelompok tani untuk produksi pertanian dapat terwujud.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan KTNA, Ikhsan mengatakan ucapan terimakasih atas bantuan yang diberikan.

“Saya mewakili petani dan para kelompok tani mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami, mudah mudahan ini dapat bermanfaat untuk kami semua, dan kami bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal,” Ucapnya.

Ikhsan juga berharap program-program serupa dapat berkelanjutan sehingga kelompok tani di lamsel lebih sejahtera.