Beranda Sumsel Yakin! Geliat Bisnis Startup Makin Berkembang

Yakin! Geliat Bisnis Startup Makin Berkembang

43
0

 

Laporan Abdul Rahman (Rilis)

Muaraenim News, PALEMBANG –  – Adalah Taka Liwungang yang juga pengarang buku Stick and Solid dak dialog bisnis kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumsel dengan tema  “ The Art of Start , How to build your tech business for Milenials “.

Dialog yang memanfaatkan waktu liburan Lebaran beberapa waktu lalu, berlangsung di Studio Radio Smart FM Palembang. Taka yakin bisnis ini akan berkembang .

Menurut Taka yang juga pengurus PN IKA Unsri, memulai bisnis startup sering bingung apa yang harus dilakukan. Mulai dari model bisnisnya, target pasarnya, bahkan hingga ide produknya. Banyak orang hanya ikut-ikutan membangun bisnis startup tanpa memahami dasar-dasar yang harus dilakukan. Salah satunya membangun startup digital. Startup digital merupakan sebuah perusahaan yang memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan solusi dari permasalahan masyarakat Indonesia.

Taka menjelaskan sebelum memulai bisnis startup, harus dimatangkan ide bisnisnya dulu.

“ Ide bisnis bisa ditemukan kapan saja dan di mana saja, namun yang jadi permasalahan utamanya adalah proses eksekusi dari ide yang telah dipikirkan,” ujar Taka yang dipandu oleh host Smart ini. Setelah menentukan ide selanjutnya tentukan rencana bisnisnya. Dalam tahap ini diperlukan riset kecil kecilan dan selanjutnya soal teknologi. Dalam hal ini bisa kerja sama dengan pihak lain.

Menurut Taka yang disambut berbagai pertanyaan dari pendengar terutama mengenai apa bisnis startup.

Taka menuturkan dalam bisnis startup, pertama perlu dimantapkan atau dibangun bisnisnya dulu. Apa yang menjadi real demand nya dulu ?

Bisnisnya yang harus kuat dan bagi pemula yang tidak mengerti  teknologi perlu proses karena bisnis ini tetap menggunakan basis teknologi. Dalam konteks bisnis , tentu saja perusahaan

yang sudah lama agar bertahan tetap jalan, bisnis transformasional suatu keniscayaan. Bisnis transpormation tetap dijalankan. “Kita menyadari bahwa bisnis

di tentukan  oleh market dan pasar,” jelas Taka. Dan penguasaan teknologi

telah mengubah flatform bisnis, jadi harus siap. Karena dalam melakukan bisnis apapun jika tidak siap dan tidak bisa komplit tidak bisa turn in akan ditinggalkan konsumen. Oleh karena itu digital  startup  jika kita sudah punya Ide dan menarik dan bikin prototipe dan ada investor dan bisa bikin jalan usahanya.

Salah seorang penanya, Toni dari Kenten , menanyakan apakah ada startup bidang pertanian? Menurut Taka saat ini  sudah dimulai melalui tim binaannya  murid agrotect menjadwalkan tanaman unsur teknologi dan unsur pencatatan dalam jurnal . Yang ngetop hara , alat dalam tanah sudah tahu unsur unsur masuknya suatu tanaman ke tanah. Unsur teknologi dimasukkan dan bisa menghemat. Industri kerikanan untuk memberi makan ikan dengan melakukan penjadwalan . Ada yang dibina ada alat di kapal kapal nelayan. Hari ini dapat ikan apa dan masuk big data . Ini untuk informasi bagi buyer dan lengkap infonya. Karena dengan pengelolaan data yang akurat akan memudahkan dan memberi solusi .