Beranda Lawang Kidul Warga Nantikan Tanjungenim Kota Wisata

Warga Nantikan Tanjungenim Kota Wisata

17
0

 

Laporan Imam Lawangkidul

Muaraenim News, LAWANGKIDUL – Rencana PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) untuk mengembangkan Tanjung Enim sebagai kota tujuan wisata di Sumatera Selatan, disambut baik warga Kabupaten Muaraenim, apalagi komitmen tersebut diwujudkan dengan menggelar acara Focus Group Discussion (FGD)di Mess Hall Base Camp Bukit Asam, Tanjung Enim, pada pertengahan Oktober lalu.

Puniman Salah Satu warga Muara Enim mengatakan, mereka sangat yakin PTBA mampu melaksanakan rencana ini.

“Kami sebagai warga Kabupaten Muara Enim menyambut baik niat PTBA ini, sudah seharusnya memang PTBA sebagai Aset yang paling besar menyumbang pendapatan daerah, dengan adanya rencana Tanjung Enim akan dijadikan tujuan wisata tentunya ini juga akan menambah pendapatan daerah untuk Bumi Serasan Sekundang” Kata Puniman d
Kepada wartawan, Rabu, (17/1/2017).

Hasani warga Desa Kepur Kecamatan Muara Enim menyambut baik program PTBA tersebut. “Iya, Muara Enim memang tidak ada tempat wisata kecuali Air terjun curup tenang (Bedegung) jika rencana ini terealisasi oleh PTBA, kita tidak usah lagi pergi ke lahat, Pagar  Alam dan Kabupaten Kota lainnya untuk berwisata. Sekarang kita kalah dengan Kabupaten tetangga yaitu Prabumulih, Lahat, Pagar Alam padahal Kabupaten kita ini jauh lebih kaya daripada kabupaten tetangga tersebut” jelasnya

Selain itu Rais, warga Tanjungenim menambahkan, selama ini PTBA berkomitmen membantu masyarakat di sana, maka dicanangkannya Tanjungenim Kota Wisata oleh perusahaan ini, diyakininya akan memberikan kebaikan tersendiri bagi warga Tanjungenim khususnya dan Kabupaten Muaraenim pada umumnya.

“PTBA selama ini tetap konsisten dengan membantu masyarakat, dan program Tanjungenim Kota Wisata ini yakin bakal di wujudkan, ” ungkap Rais.

Dikabarkan sebelumnya, PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) kembali menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan Tanjung Enim sebagai kota tujuan wisata di Sumatera Selatan. Komitmen tersebut diwujudkan dengan menggelar acara Focus Group Discussion (FGD)di Mess Hall Base Camp Bukit Asam, Tanjung Enim, pada pertengahan Oktober lalu.

Direktur Umum dan SDM PTBA Suryo Eko Hadianto mengatakan, FGD yang mengambil tema Pengembangan Tanjung Enim Menjadi Kota Tujuan Wisata Sumatera Selatan tersebut bertujuan untuk memberikan masukan agar visi PTBA dalam mengembangkan Tanjung Enim menuju kota tujuan wisata di Sumatera Selatan berjalan lancar dan diterima oleh semua pihak.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat yang peduli dan ingin mewujudkan Tanjung Enim sebagai kota tujuan wisata berkiprah seperti yang diharapkan,” ujar Suryo Eko Hadianto.

Lebih lanjut Eko menjelaskan Dalam memprakarsai pengembangan Tanjung Enim menjadi kota tujuan wisata, PTBA telah menyiapkan Lapangan Central Bukit Asam untuk dijadikan alun-alun Kota Tanjung Enim. Alun-alun ini kelak akan dilengkapi ragam wahana hiburan yang menarik serta museum tambang batubara. Sementara itu, di sepanjang bibir Sungai Enim yang mengalir di sekitarnya akan disulap menjadi taman yang indah.

“PTBA akan menyulap alun -alun ini semenarik mungkin” pungkasnya

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengatakan, PTBA merupakan salah satu aset daerah penyumbang devisa bagi negara yang cukup besar. Untuk itu, sudah sepatutnya PTBA bergerak langsung dalam pengembangan pembangunan yang ada di Kabupaten Muara Enim, khususnya dalam rencana pengembangan Kota Tanjung Enim sebagai kota wisata.

Lanjutnya Pemerintah Kabupaten Muara Enim, sangat mendukung gagasan menjadikan Tanjung Enim sebagai tempat tujuan wisata, namun perlu disinergikan dengan rencana pembangunan bidang kepariwisataan yang telah direncanakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan tetap memperhatikan kondisi masyarakat lokal.

“Pembangunan Tanjung Enim sebagai tujuan wisata harus memperhatikan kondisi sosial budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitarnya, sehingga orang yang datang tidak hanya melihat tambang batubara saja, namun ada kesan lain di balik Tanjung Enim sebagai kota batu bara,” ucap Muzakir Sai Sohar.

Edithor : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here