Beranda Semende Tradisi Khatam Al Quran Orang Semende

Tradisi Khatam Al Quran Orang Semende

291
0

Laporan Ipin

Muaraenim News, SEMENDE – Pengantin kecik (Pengantin Kecil) merupakan sebutan untuk anak-anak yang biasanya diarak dengan terbangan (Sarafal Anam) ketika anak-anak tersebut sudah mengkhatamkan tiga puluh juz Alquran. 

Tradisi ini sudah lama berlangsung di wilayah Semende, baik di Kecamatan Semende Darat Ulu (Sdu), Kecamatan Semende Darat Tengah (Sdt) dan Kecamatan Semende Darat Laut (Sdl), Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. 

Tidak diketahui sudah berapa lama tradisi pengantin kecik ini berlangsung namun yang jelas hingga saat ini tradisi ini masih bertahan di wilyah ini.

Kali ini dalam melaksanakan acara pengantin kecik ada lima orang anak yang khatam alquran. Orang tua dari anak-anak pengantin kecik ini akan bekerja bersama dalam mengadakan acara, mulai merancang acara, persiapan konsumsi undangan, termasuk menyewa kostum pengantin. Kegiatan acara sendiri dipusatkan di Langgar rumah guru ngaji.

Kemeriahan acara pengantin kecik ini melebihi acara pernikahan. Orang tua anak-anak tersebut ada yang mengatakan dia lebih bangga melihat anaknya menjadi pengantin kecik ketimbang melihat anaknnya tersebut benar-benar menjadi pengantin saat mereka dewasa kelak, maka tak heran ketika pengantin-pengantin kecik itu diarak banyak diantara orang tua anak tersebut manangis haru.

Setelah acara arak-arakan, maka anak-anak tersebut akan disuruh satu-persatu untuk membaca surah-surah pendek dihadapan para undangan, guru ngaji dan tentu saja orang tua yang berbahagia tadi.

Tradisi ini masih tetap dilestarikan seperti halnya di Taman Pengajian Alquran (TPA) Al Purqon, Desa Kotaagung, Kecamatan SDT, Kabupaten Muaraenim, dibawah bimbingan ustazah Astrianah.

Ustazah Asriana mengatakan, tradisi ini dilaksanakan sebagain pemotivasi santri lain yang belum mengkhatamkan al quran.

“Semoga suatu hari nanti semua santri yang khatam Al Qur’an hari ini bisa menjunjung tinggi dan selalu berpedoman pada al quran, serta  menjadi anak yang soleh dan soleha,” ungkap dia

Sementara kades Kotaagung M Aminudin SH mengatakan, dirinya akan selalu mendukung kegiatan keagamaan di desanya, apalagi semende terkenal dengan marwahnya ahli dalam membaca ayat suci ini.

“Semoga dengan belajar ilmu agama hidup mereka akan lebih terarah dan kita sebagai umat muslim sudah seharusnya berpegang teguh pada Al quran. Apalagi daerah semende ini sangat terkenal kalau agamanya  cukup kental, itu sudah sejak zaman nenek moyang kita dahulu, jadi kita harus menjaganya, jangan sampai putra putri kita tida bisa mengenal huruf Al Quran,” pungkas dia.