Beranda Lawang Kidul Tradisi Grebek Sahur Desa Tegal Rejo Tatap Terjaga

Tradisi Grebek Sahur Desa Tegal Rejo Tatap Terjaga

284
0
Laporan Fanjari

Muaraenim News, LAWANGKIDUL- Tradisi Grebeg Sahur, yang dilakukan Remaja Desa Tegalrejo, Kecamatan Lawangkidul, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan, Hingga kini tetap terjaga.

Saat bulan Ramadhan tiba, di masing-masing RT spontan remaja melakukan grebek sahur yang bertujuan untuk membangunkan kaum muslimin yang menjalankan ibadah puasa, grebek sahur biasanya di mulai dari pukul 2.00 sampai dengan pukuk 3.15 wib.

Warno (28) warga Tegalrejo mengatakan, grebek sahur bukanlah grebek dalam artian mengrebek seseorang melainkan kegiatan yang rutin di lakukan di setiap puasa gunanya membangunkan orang yang mau puasa supaya tidak kesiangan untuk makan sajur bagi yang mau menjalankan ibadah puasa

“Grebek sahur sudah di lakukan turun temurun oleh regenerasi muda dan remaja Desa Tegalrejo,  dengan menggunakan bermacam macam alat seadanya untuk membuat suatu nada, seperti panci, kentongan, bekas galon air mineral, gamelan dan juga alat modern seperti orgen tape dan pengeras suara lainnya,” Kata Warno, subuh tadi, Minggu, (20/5/2018).

Dengan adanya kegiatan yang positif ini masyarakat terbantu kususnya umat muslim yang menjalankan ibadah puasa .

Pantauan wartawan di lapangan melihat kegiatan grebek sahur menciptakan kekompakan dan nilai kebersamaan antar pemuda dan remaja desa.

Edithor : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here