Beranda MuaraEnim Terkait Tuntutan 12 Kepala Desa, Pj. Bupati Panggil Manajemen PT. TEL Pulp...

Terkait Tuntutan 12 Kepala Desa, Pj. Bupati Panggil Manajemen PT. TEL Pulp and Paper

371
0

 

Laporan Ar Rahman

Muaraenimnews.com, MUARAENIM –Menindaklanjuti laporan dan keluhan 12 kepala desa di Kecamatan Rambang Niru, Belimbing dan Empat Petulai Dangku beberapa waktu lalu terkait tuntutan warga terhadap PT. Tanjung Enim Lestari (TEL) Pulp and Paper, Kamis (01/07) Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., mengundang manajemen PT. TEL di Ruang Rapat Bupati Muara Enim. Dalam pertemuan, Pj. Bupati yang didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Riswandar, S.H., M.H., mengharapkan penjelasan dan klarifikasi PT. TEL mengenai 3 permasalahan mendasar yang menjadi tuntan warga, yaitu penanganan limbah, ketenagakerjaan dan pembangunan pasar sesuai dengan perjanjian PT. TEL dengan warga pada tahun 1999.

PT. TEL melalui Kepala Divisi Hubungan Eksternal, Mochammad Amrodji menyampaikan bahwa pihaknya berjanji untuk menyelesaikan permasalahan yang menjadi tuntutan warga dengan proporsional dan sebaik-baiknya serta memperhatikan arahan Pj. Bupati untuk mampu mengakomodir kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan.

“Dijelaskan bahwa beberapa tuntutan tersebut dapat kami pahami dan akan diupayakan langkah-langkah strategis bersama pimpinan perusahaan. Dirinya siap untuk nantinya duduk bersama dimediasi dan dipertemukan Pj. Bupati bersama para kepala desa,” ucapnya.

Pj. Bupati yang juga didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Rusdi Hairullah dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Siti Herawati, S.H., menegaskan bahwa dirinya sebagai kepala daerah berkewajiban memberi kenyamanan berinvestasi bagi setiap perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“Saya sebagai kepala daerah berkewajiban memberi kenyamanan berinvestasi bagi setiap perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim.
Namun juga wajib memastikan setiap perusahaan memiliki tanggungjawab dan berkontribusi bagi pembangunan daerah, terutama masyarakat sekitar,” katanya

“Kami meminta PT. TEL untuk memenuhi komitmen yang telah dibuat pada tahun 1999 dan dalam waktu dekat akan segera mengadakan pertemuan lanjutan yang menghadirkan para kepala desa dan pihak PT . TEL,” tutupnya.