Beranda Tanjung Agung TARI NYAMBUT LAWANGKIDUL PECAHKAN REKOR DUNIA

TARI NYAMBUT LAWANGKIDUL PECAHKAN REKOR DUNIA

243
0

 

Laporan Hafizul Ahkam

Muaraenim News, LAWANGKIDUL – Sebanyak 1204 orang siswa se Kecamatan Lawangkidul, Kabupaten Muaraenim, bersatu dalam Tari Nyambut. Hasilnya Tarian yang di gelar di Lapangan Kantor Pusat PT Bukit Asam (PTBA) ini pecahkan Rekor Dunia  (World Record).

Dengan berpakaian, warna warni yang di dominasi warna hitam kuning,  ribuan penari berasal  ini ternyata berasal dari dari 39 SD,  8 SMP, dan 9 SMA yang ada di wilayah Kecamatan Lawangkidul.

Triono Manager Rekor muri mengatakan, untuk kategori tari sambut, Kecamatan Lawangkidul, dinobatkan sebagai tari Nyambut terbanyak dunia dengan 1204 orang penari secara bersamaan.

“Setelah kita lakukan penilaian dan pengamatan secara detil, ternyata Taru Nyambut Lawangkidul ini masuk Tari Nyambut lokal terbanyak, memecahkan Rekor Dunia,” Kata Trioni.

Sementara itu Syafranudin BBA sebagai penggagas dan penggerak Tari Nyambut ini menceritakan awal terlaksananya acara ini,  diawali pihaknya mengundang seluruh Kepala SD, SMP dan SMA, selanjutnya semua kepala sekolah sepakat untuk mengirimkan siwanya mengikuti kegiatan ini.

“Setelah semuanya dikirim, kita mulai melatih, dan pelatihan dilaksanakan dengan tujuh lokasi, dan
geladi bersihnya dilaksanakan hari ini di lapangan PT Bukit Asam,” Kata Sekcan Lawangkidul ini.

Tujuan dilaksanakan pemecahan rekor ini, awalnya hanya target pemecahan rekor muri, namun ternyata mampu memecahkan reokor dunia.

“Tujuannya untuk mendukung Tanjungenim Kota Wisata, untuk itu perlu adanya penunjang seperti hal ini, kegiatan ini, di dukung oleh PTBA, sehingga luar biasa ini, adanya kerjasama antara pemerintah, PTB, dan sekolah sehingga tercapai tujuan lebih dari harapan.  kedepan Kecamatan Lawangkidul akan selalu meningkatkan pariwisata ini,  apalagi bupati sangat antusias meningkatkan pariwisata, dengan dukungan penuh bupati dan wakil bupati yang begitu semangat, maka kami dari kecamatan juga sangat antusi menggelar event seperti ini,” Kata Pria yang sering dipanggil papang ini.

Disisi lain Direktur Utama PTBA Arvian Arifin mengatkan, beragam kegiatan selalu di dukung di wilayah Kabupaten Muaraenim ini, termasuk terpecahnya rekor dunia ini.

“Kita dukung penuh semua kegiatan positif, apalagi untuk meningkatkan pariwisata di wilayah Kabupaten Muaraenim ini,” Kata Arvian.