Beranda Nasional Tanjungenim Bakal Melebihi Tambang Ombilin Sawahluntoh

Tanjungenim Bakal Melebihi Tambang Ombilin Sawahluntoh

137
0

Laporan Zulkarnain

Muaraenim News, SUMATERABARAT – Kota Tanjungenim, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan bakal melebih Wisata Tambang Ombilin ((OPO) Bukit Asam Sawahluntoh, Sumatera Barat. Hal ini dikatakan Nan Budiman petinggi OPO saat menerima puluhan Jurnalis dari Kabupaten Muara dan Lahat, Jumat (20/12/2019).

“Kami melihat potensi besar di tanjungenin, kedepan Ta jungenim Kota Wisata akan melebihi Wisata Tambang Ombilin, karena selain perencanaannya lebih mateng, wisata tambang Tanjungenim akan lebih besar lagi,” kata Nan Budiman.

Kendantangan Rombongan Jurnalis bersama dengan beberapa pegawai Humas PTBA Tanjung Enim disambut hangat oleh para petinggi UPO Nan Budiman sebagai Pimpinan beserta anggotanya.

Dikatakan Nan Budiman, dirinya menjelaskan tentang sejarah Tambang Batubara Ombilin sawah Lunto dari mulai operasi sampai ditutup.

“Banyak sejarah yang terjadi disini, masa penjajah Jepang sampai pada masa reformasi bahkan sampai penambangan sudah selesai operasi,” ujarnya.

Setelah pasca tambang, lokasi sawah Lunto menjadi tempat objek wisata. Saat ini sawah Lunto disebut sebagai kota tertua didaerah Sumatera Barat.

“Dahulunya Sawah Lunto bisa disebut sebagai kota termodern karena waktu itu kota ini sudah ada listrik,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Nan Budiman, rencananya UPO akan merencanakan kembali penambangan pada tahun 2020. Itupun belum tau pasti karena masih dalam tahap pengecekan laboraturium Tempat penambangan nantinya di daerah langkop.

“Itu baru rencana belum ada ada keputusan yang pasti. Saat ini kegiatan kita hanya lakukan pendidikan tambang dalam sawah Lunto,” tuturnya.

Diharapkan, tambah Nan Budiman, teman teman dari jurnalis dapat memahami dan menambah pengalaman setelah berkunjung ke lokasi UPO Sawah Lunto.

“Menurut kami, Tanjung Enim kota wisata akan lebih baik dari kami yang ada di sawah Lunto,” tutupnya.