Beranda MuaraEnim Selaraskan Program Pembangunan Dengan Provinsi

Selaraskan Program Pembangunan Dengan Provinsi

20
0

Laporan Dedi

Muaraenim News, MUARENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim matangkan penyusunan rencana strategis (Renstra) untuk 5 tahun kedepan (2018-2023) dalam rapat koordinasi bimbingan teknis yang melibat semua unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Rapat yang dipimpin Pj Bupati Muara Enim diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim H Hasanudin digelar di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Selasa (4/9/2018).

Rakor bimbingan teknis juga mengundang nara sumber sosialisasi dari Bappenas pusat. Sekda Hasanudin mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memantapkan rencana strategis 5 tahun kedepan serta menyelaraskan program pembangunan kabupaten Muara Enim dengan provinsi.

“Agenda sosialisasi ini fokus penyusunan rencana strategis lima tahun kedepan yang disesuaikan program Bupati terpilih periode 2018-2023,”kata Sekda disela sambutannya.

Sekda memaparkan Renstra juga menitikberatkan pada penyelarasan (integrasi) dan konsistensi perencanaan penganggaran di kabupaten dalam mewujudkan sasaran pembangunan guna mendukung tercapainya program prioritas daerah dan nasional.

“Tentunya harus menjaga kualitas, konsistensi, dan integrasi antara dokumen perencanaan dan penganggaran yang akuntabel untuk mewujudkan sasaran,”tegas Sekda

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Muara Enim secara umum telah membuat perencanaan program dengan visi, misi dan prioritas yakni Sehat, Mandiri Agamis dan Sejahtera (SMAS). Seperti pertanian dan program sosial yang dapat dikembangkan lebih lanjut dalam mendukung prioritas daerah maupun nasional.

“Yang perlu dilakukan dari perencanaan tersebut yaitu penajaman program-program sektoral yang kuat secara kewilayahan guna mempercepat pencapaian prioritas daerah,” katanya.

Lebih lanjut, Sekda juga mengingatkan agar penyusunan program atau kegiatan haruslah melihat pada skala prioritas daerah yang ingin dicapai, sehingga anggaran yang digunakan memiliki dampak dan manfaat besar di masyarakat serta memiliki akuntabilitas yang baik.

“Saya harap semua OPD wajib berpikir keras sebelum menyusun Renstra, harus disusun matang-matang dengan waktu capaian 5 tahun, semua program terprioritas dan mampu diterapkan sampai target waktu yang ditetapkan,”pungkasnya.

Edithor Hafizul Ahkam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here