Beranda Muara Enim SEKDA MUARA ENIM : PEMDA LAHAT TERKESAN BIARKAN GALIAN C DI SEPANJANG...

SEKDA MUARA ENIM : PEMDA LAHAT TERKESAN BIARKAN GALIAN C DI SEPANJANG SUNGAI LEMATANG

131
0

Muaraenim News – Hingga saat ini, Pelayanan Perusahaan Domestik Air Minum (PDAM) Lematang Enim belum maksimal dalam pengadaan air bersih, hal ini di akibatkan oleh buruknya kualitas air baku di Sungai Enim dan Lematang yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Sekretaris Daerah Muara Enim, H Hasanudin mengatakan, kualitas air baku di Sungai Enim memburuk sejak beberapa tahun terakhir akibat adanya aktivitas galian C di sepanjang Sungai Lematang Kabupaten Lahat.
“Memang kualitas air baku pengaruhi layanan PDAM kita, penyebabnya sungai sudah banyak tercemar salah satunya karena aktivitas penggalian batu di Lahat,” ujar Hasanudin, Selasa (22/08/2017).

Sekda mengatakan, aktivitas galian C di kabupaten Lahat sudah melampaui batas. Sebab, disana alat berat dibiarkan menggali sungai selama 24 jam.
“Kalau di Kabupaten Muara Enim hal ini sudah dilarang dan tak boleh, bahkan larangan ini sudah dibuatkan Perda-nya,”ucapnya.

Sebelumnya, polemik kualitas air baku sungai mencuat setelah PDAM Lematang Enim mendapat sorotan tajam dari anggota DPRD Muara Enim. Bahkan beberapa fraksi menyebut, PDAM belum layak mendapat tambahan modal dari APBD Pemkab Muara Enim karena belum mampu meningkatkan kualitas layanan.

Namun, pihak PDAM berkilah bahwa pelayanan mereka dipengaruhi oleh kualitas air baku sungai yang terus-menurus menurun.

Penulis : Ari Firmansyah
Editor   : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here