Beranda Sumsel Sedang Berkemah Pemuda ini di Terkam Harimau di Gunungdempo

Sedang Berkemah Pemuda ini di Terkam Harimau di Gunungdempo

96
0

KORBAN – Korban terkaman harimau, di rawat di Rumah Sakit Besemah. Foto / MN / ist

Laporan Asa

Muaraenim News, PAGARALAM -Seekor harimau menyerang perkemahan di kawasan Taman Wisata Gunung Dempo, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, Sabtu (16/11/2019). Akibat serangan harimau tersebut, seorang pengunjung mengalami sejumlah luka di bagian wajah.

Korban bernama Irfan, pria (18) warga Kabupaten Musi Banyuasin. Berdasarkan informasi dihimpun, sebelum kejadian Irfan bersama kawan-kawannya tengah menggelar perkemahan di lokasi taman wisata tersebut. Namun seekor harimau tiba-tiba datang ke tengah perkemahan, merobek tenda, dan menyerang korban yang sedang berada di dalamnya.

Korban dan kawan-kawannya segera berlarian menyelamatkan diri dari serangan harimau tersebut. Namun harimau tidak mengejar mereka, sehingga korban bisa dilarikan ke RSUD Besemah Pagar Alam untuk mendapatkan pertolongan medis.

Kapolres Pagar Alam Ajun Komisaris Besar Dolly Gumara berujar, pihaknya mendapatkan laporan terkait serangan harimau tersebut. Dirinya berujar, korban penyerangan harimau pun sudah dibawa ke RSUD untuk dirawat.

“Nyawa korban berhasil diselamatkan, meskipun ada sejumlah luka yang diderita, khususnya di bagian kepala dan wajah. Kita sudah berkoordinasi dengan BKSDA untuk mencari keberadaan harimau tersebut,” ujar dia.

Nantinya, ujar Dolly, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan melakukan proses evakuasi terhadap harimau tersebut agar tidak lagi turun gunung dan menjauhi lokasi taman wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Kapolres pun telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk berpatroli di sekitar lokasi kejadian untuk mencegah serangan susulan. Pihaknya akan menempatkan petugas patroli di kawasan taman wisata hingga kondisinya dianggap sudah aman kembali.

“Nanti petugas patroli, berjaga dan juga memberitahu para pengunjung. Kami pun akan berkoordinasi dengan pengelola taman wisata untuk menutup kawasan sementara waktu. Kami juga imbau masyarakat agar jangan dulu camping di kawasan itu sampai kondisi aman dari kemunculan harimau,” kata dia.