Beranda Belimbing Ribuan Warga Empat Desa Ini Ziarah Kubur Bersama

Ribuan Warga Empat Desa Ini Ziarah Kubur Bersama

472
0
Laporan Ino Trisno
 
Muaraenim News, BELIMBING – Warga Desa Dalam antusias menyambut kunjungan warga Desa Keban  Agung, Desa Lebak Budi dan Desa Lambur. Kedatangan ribuan warga  tiga desa ini dalam rangka silaturrahmi dan ziarah kubur puyang, kegiatan ini dilaksanakan Sabtu, (25/1/2020).
 
Informasi yang dihimpun  wartawan di lapangan ternyata keempat desa ini memiliki garis keturunan  yang sama yaitu satu leluhur atau puyang dari Puyang Mijan Tunggal.
 
Dalam acara tersebut selain silaturahmi para rombongan dari desa tamu pun melaku ziarah ke makam leluhur yang bertempat di ujung Kampung Satu di Desa Dalam.
 
Tak hanya itu seusai ziarah makam leluhur/puyang, Para tamu undangan dihibur oleh penampilan karang taruna dari masing-masing desa, acara pun begitu meriah dan keakraban terjalin dari antar saudara jauh tersebut, di penghujung acara pun ditutup dengan cerita sejarah Puyang Mijan Tunggal oleh tokoh pembuka adat dari masing-masing desa.
 
Menurut Darwin, ketua karang taruna acara ini di motor oleh Karang Taruna dan juga dengan dukungan penuh dari elemen pemerintah desa, acara ini bertujuan mengikat persaudaraan sesama keturunan Puyang Mijan Tunggal karena keturunan nya sudah banyak selain itu juga untuk memberikan pemahaman sejarah kepada anak-anak muda. Supaya silahturahmi kekeluargaan ini berkesinambungan. Sabtu, (25/1/2020).
 
Ditemui ditempat yang sama Kedes Dalam, Maskan Supriadi, berharap agar tali silaturahmi tetap terjaga setelah acara ini, sesuai dengan tema acara ini untuk meningkatkan silaturahmi keluarga besar keturunan Puyang Mijan Tunggal secara berkesinambungan dan berkelanjutan dimasa yang akan datang.
 
“Pelaksanaan acara silaturahmi akbar ini mungkin akan diadakan satu tahun sekali sesuai kesepakatan bersama dengan beberapa desa yang ikut serta dan juga bergantian mengenai lokasi pelaksanaan,” Tutupnya