Beranda Sumsel Rakor Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Lahat Terkait Covid-19 Di Pimpin Bupati Cik...

Rakor Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Lahat Terkait Covid-19 Di Pimpin Bupati Cik Ujang

85
0

 

Laporan Irhamudin

Muaraenimnews.com, MUARAENIM —Rapat Koordinasi Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lahat, acara berlangsung pada Selasa (25/05/2021) kemarin yang bertempat di Ops Room Pemkab Lahat.

Dalam giat tersebut hadir Bupati Lahat H. Cik Ujang, SH., Wabup Lahat, H. Haryanto, SE.,MM., Pj Sekda Kabupaten Lahat, Unsur Forkopimda Jajaran Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Lahat, Seluruh Asisten, Ketua Forum Camat Kabupaten Lahat ketua FKUB Lahat , Ketua MUI, Kapolres Lahat , Dandim 0405 Kabupaten Lahat yang mewakili, Kasat Pol PP dan Damkar beserta tamu undangan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufik M Putra mengatakan Perkembangan Covid-19 di kabupaten Lahat untuk saat ini Jumlah kasus sebanyak 39 orang, pada tanggal 17-22 Mei tahun 2021 tercatat 4 orang yang meninggal

“Saya juga berkoordinasi dengan bapak Kapolres dan kawan-kawan yang lain disini kita bentuk Penguat, pengawasan maupun pembinaan tanpa terkecuali guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang ada di Kabupaten Lahat ini dan Alhamdulilahdi di desa-desa sudah melaksanakan atau membuat posko-posko pengawasan Covid-19 kemudian Untuk saat ini Kabupaten Lahat Zona kuning dan angka Positif itu 0,8,” katanya.

Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, S. I. K., menyampaikan dalam Minggu ini kita sudah mendata beberapa kendala yang dihadapi kemarin kami diskusi dengan beberapa masalah yang kami data proses pemakaman pasien positif covid 19 yang meninggal dunia masih terjadi lempar tanggung jawab antara dinkes dan BPBD

Mensosialisasikan kembali 5 M, kemudian masih kurang kesadaran masyarakat yang digolongkan dalam kelompok untuk melaksanakan karantina mandiri dan masyarakat yang terkonfirmasi positif lebih memilih isolasi mandiri daripada di rawat di rumah sakit.

Langkah-langkah dalam mecegah penyebaran Virus Covid-19 ini antara lain selama seminggu kebelakang kami dari Polres gencar dan kami akan berusaha untuk kembali Kebarisan tugas kita masing-masing, komunikasikan kembali, dan tanggung jawab masing-masing sistem PPKM mikro guna untuk mengoptimalkan melalui sistem seleksi mandiri tujuannya agar artinya menggugah masyarakat dan tetangganya, Kepala desanya agar sama-sama mengawasi dan membantu keluarga atau rumah tersebut,”ujarnya.

Dalam sambutan Bupati Lahat H. Cik Ujang, S.H ia memberikan pengarahan dan menegaskan kepada Dir. RSUD lahat agar pelayanan di RSUD dapat lebih ramah dan cepat dalam penanganan terhadap pasien Covid-19 agar lebih baik lagi.

” Saya berharap kepada pihak RSUD dapat lebih baik melayani pasien dan jangan menilai pasien dari penampilan dan mengukur dengan uang sekarang kan sudah ada program berobat gratis dari pemerintah daerah,”tegasnya

“Untuk masalah PCR jangan menunggu 16 orang baru di PCR, karna keluarga pasien menunggu hasil PCR itu, dan jangan dinkes yang tidak covid itu di covid kan, maka dari itu saya tegaskan untuk tes PCR agar di perketat lagi dan untuk petugas harus stand by 24 jam,” katanya.