Beranda Muara Enim Puskesmas Muaraenim Galakan P2M, Preventif Dan Promotif

Puskesmas Muaraenim Galakan P2M, Preventif Dan Promotif

22
0

 

Laporan Azhari Muaraenim

Muaraenim News – MUARAENIM – PusatbKesehatan Masyarakat (Puskesmas) Muaraenim sesuai tugas dan perannya, mencegah serta mengatasi segala permasqlhan kesehatan pada masyarakat, termasuk diantaranya bidang Pengendalian dan Pemberantasan P2M (Penyakit Menular dan tidak Menular), Promotif dan Preventif.

Program P2M (Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular dan tidak Menular) termasuk ke dalam basic 5 program pokok Puskesmas yang merupakan program Puskesmas untuk mengendalikan dan mencegah penyakit menular dan tidak menular. Sementara pelayanan kesehatan promotif adalah suatu kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan pelayanan kesehatan yang lebih mengutamakan kegiatan yang bersifat promosi kesehatan.

Selain itu puskesmas kota Muara Enim ini juga, berupaya melakukan pelayanan terhadap kesehatan preventif yakni kegiatan pencegahan terhadap suatu masalah kesehatan/penyakit.

Menurut kepala Puskesmas kota Muara Enim dr. Hj. Siti Maisaroh yang berhasil kami bincangi pada Rabu, (24/1) dimeja kerjanya tujuan program P2M adalah untuk menurunkan angka kesakitan, kematian dan kecacatan akibat penyakit menular dan tidak menular. Juga kata dr. Hj. Siti Maisaroh untuk pelayanan dibidang promotif diadakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu kata dr Hj Siti Maisaroh untuk kesehatan di bidang preventif dengan memberikan pengolesan fluor pada gigi kepada masyarakat. Prioritas program P2M Puskesmas itu lanjut Siti Maisaroh yakni penyakit yang menular langsung (TB, Malaria, DBD, Kusta, Pnumonia, Diare, HIV/AIDS), penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi (polio, difteri, campak, pertusis) serta penyakit yang tidak menular (hipertensi, jantung, kanker, diabetes mellitus terangnya.

Dijelaskannya, promosi kesehatan sering dilakukan secara berkenaan langsung dengan masyarakat diluar gedung ke desa desa dan didalam gedung dengan didampingi dokter dokter yang mempunyai kemampuan dibidangnya masing masing.

“Penggalalakan program ini untuk mengajak masyarakat hidup sehat, kami memberikan pelayanan konseling tentang kesehatan terhadap masyarakat, Ya untuk ibu ibu hamil sebulan sekali kami berkumpul di puskesdes”, tegasnya.

Kepala Puskesmas kota Muaraenim ini berharap, adanya penambahan alat kesehatan dan juga perbaikan dan pendirian gedung untuk menunjang program program tersebut lebih baik lagi.

Edithor : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here