Beranda Tanjung Agung Puluhan Rumah Warga di Tanjunglalang Terancam Ambruk

Puluhan Rumah Warga di Tanjunglalang Terancam Ambruk

152
0

Laporan Dank

Muaraenim News, TANJUNGAGUNG — Puluhan rumah milik warga di bantaran Sungai Enim, Kampung IV, Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim, terancam ambruk,  pasalnya kondisi tanah tempat bangunan rumah tersebut, kian tergerus  akibat gerusan air sungai.

Kondosi ini sudah berlangsunh sejak 4 tahun terakhir, meski sudah diajukan kepada pihak terkait namun  sampai saat ini belum ada perhatian dari pemerintah setempat.

Pantauan di lapangan, Sabtu, (28/7/2018), Kondisi  pemukiman warga di kampung IV  yang berada di bantaran Sungai Enim ini sudah semakin dekat dengan tepiaan Sungai Enim dengan jarak kurang lebih 3  hingga 10 meter dari pemukiman warga.

Ari (48) Warga Kampung IV, Desa Tanjung Lalang mengatakan, kondisi ini sudah cukup lama terjadi, bahkan tanah di bagian belakang rumahnya terus longsor sedikit demi sedikit, dan kian dekat dengan bangunan rumah warga.

“Kalau kondisi ini dibiarkan, bisa saja rumah kami ambruk dan nyemplung ke sungai,” kata Ari.

Sementara, Kepala Desa Tanjung Lalang Edi Anuwar membenarkan adanya beberapa rumah warganya yang terancam ambruk ke sungai, kalau tidak cepat di tanggulngi.

“Kondisi pemukiman warga yang sangat dekat dengan bantaran sungai sudah sangat mengkhawatirkan. Apalagi, air sungai terus menggerus tanah di bantaran sungai ini. Kita akan berusaha membuat proposal untuk diajukan ke Pemkab Muara Enim agar ditanggulangi,” jelas Edi.

Edithor Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here