Beranda Lawang Kidul PTBA Serakan 69 Ekor Hewan korban untuk  Desa dan Kelurahan di Sekitar...

PTBA Serakan 69 Ekor Hewan korban untuk  Desa dan Kelurahan di Sekitar PTBA

128
0

Laporan:  Rudi yansyah

Muaraenim News LAWANG KIDUL – Dalam rangka  Hari Raya idul adha tahun 1439 H/2018 M, PT Bukit Asam Tbk menyerahkan sapi korban ke desa – desa di sekitar Tambang bukit Asam, Senin  (20/8/2018).

Di tahun ini PT Bukit Asam membagikan Hewan kurban berupa sapi sebanyak 69 ekor yang akandi bagiakan di beberapa wilayah kecamatan/ Desa dan kelurahan.

Penyerahan hewan Qurban yang di laksanakan di depan kantor PTBA di hadiri, menejer pertambangan non swakelola MTBU Ir Syobri, Manager humas Efensi didampingi Muhammad Saman, Camat Lawang Kidul Kades dan Lurah yang menerima Hewan Qurban, dan instasi terkait.

Kecamatan Lawang Kidul sebanyak 37 ekor, (54% dari total hewan qurban), untuk 7 Desa dan Kelurahan, terdiri dari panitia Qurban sebanyak 32 ekor dan dari Direksi sebanyak 5 ekor. Direktur utama: satu ekor untuk masjid at Taqwa Dusun Tanjung. Diekrtur Niaga: 1 ekor untuk masjid Al Iksan saringan. Direktur Keuangan: 1 ekor untuk Langgar Istiqomah Bedeng Obak. Diretur Pengembangan Usaha: satu ekor untuk masjid Aliklas Desa Lingga. Direktur SDM dan umum: satu ekor untuk masjid Al Amin Bara Lestari 1.

Kecamatan Tanjung Agung sebanyak 11 Ekor untuk10 Desa/ kelurahan. Kecamatan Muara Eni sebanyak 6 ekor Untuk 3 Desa/ kelurahan. Kecamatan Merapi Timur sebanyak 9 ekor untuk 8 Desa/ kelurahan. Kecamatan Merapi Barat sebanyak 1 ekor untuk 1 Desa/kelurahan. wilayah lain untuk intansi Sebanyak 5 ekor untuk 5wilaya Desa/ Kelurahan,(Lapas Muara Enim, Legiun Veteran RI Kabupaten Muara Enim, Persatuan pensiun PTBA).

Pada tahun 2017, pengadaan hewan Qurban berasal dari kecamatan Lawang Kidul sebesar 59% dan luar Tanjung Enim, ( Lampung  dan Banyu Asin) sebanyak 50%. Sedangkan untuk tahu 2018, 97% atau sebanyak 67 ekor hewan Qorban di pasaok dari para peternak yang berada di wilayah Kecamatan Lawang Kidul, (12 orang peternak) dan 3% atau sebanyak 2 ekor dari Kecamatan Tanjung Agung. Peningkatan jumlah Hewan qurban pada tahun 2018 sebesar 157% dari tahun 2017 dengan rician. Tahun 2017 sebanyak 44 ekor dengan Biaya lebih kurang RP 700 juta. Tahun 2018 sebanyak 69 ekor, (Dari rencana 59 ekor) dengan biaya RP 1.107 Miliyar.

Sobri meneger penambangan non swakelola muara tiga besar, (MTB) Mengatakan, manajemen dari jenjang GM sampai direksi ada di jakarta rapat di kementrian ESDM. Bahwa khusus ptba. Kami harapkan mohon doa kepada masyarakat sekitar agar ptba lebih banyak lagi berbuat.

“Ptba mengambil sapi dari luar daerah dan alhdulilah tahun ini 90 persen dari lawang kidul. Ini semua mitra binaan ptba yang ada. Ptba tidak hanya meningkatkan dari segi jumlah namun juga meningkatkan lualitas,” Katanya.

Pantauan di lapangan, sebanyak 69 ekor sapi kurban di serahkan ke Kades dan lurah yang menerima dan sapi di antar ke tempat – tempat yang menerima.

Edithor:  Hafizul Ahkam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here