Beranda Lawang Kidul PTBA  Libatkan Masyarakat Dalam Kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

PTBA  Libatkan Masyarakat Dalam Kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

180
0

 

Laporan : Rudi yansyah

Muaraenim News, LAWANG KIDUL – Dalam peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar PT Bukit Asam (PTBA) dengan upacara bendera di halaman kantor, selasa (09/07/2019) mulai pukul 07.00 WIB.

Perusahaan BUMN ini juga menggelar berbagai kegiatan dengan melibatkan masyarakat sekitar. GM UPTE Suhedi menjadi pembina upacara dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Suhedi membacakan sambutan mentri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, dimana dalam isi sambutannya pemerintah pusat dan daerah tengah menyoroti masalah polusi udara hasil pembakaran kendaraan bermotor. Dilingkungan wilayah kerja perusahaan, Suhedi meminta kepada para pegawai selalu patuh terhadap pengelolaan lingkungan tambang. Kemudian perhatian ini juga berlaku bagi para perusahaan sub kontraktor.

“Pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah saat ini tengah menyoroti masalah lingkungan. Oleh karena itu saya meminta kepada karyawan, dan subkontraktor untuk mematuhi aturan dan melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik. Tidak boleh melebihi baku mutu, dan jika dilanggar ini masalah pidana,”ucap Suhedi.

Sementara itu, Suryadi, Panitia Hari Lingkungan Hidup Sedunia PT Bukit Asam menjelaskan, berbagai kegiatan melibatkan masyarakat dalan rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia digelar. Ada sekitar 10 agenda kegiatan, juga melibatkan pemerintah setempat.

Diantaranya, lomba susur sungai enim secara kelompok yang akan dilaksanakan pada minggu ke 4 ini. Kemudian, ada lomba desain poster dan lomba fotografi tengah berlangsung, lomba cepat tepat lingkungan bagi karyawan, lomba green school bagi sekolah di sekitar perusahaan, workshop mengenai lingkungan bagi karyawan, Enviro Road Show, Green Minning atau penghijauan, mendukung kegiatan pemerintah kabupaten Muara Enim penyelenggaraan lomba kicau burung mania, serta menggelar malam puncak hari lingkungan yang akan diselenggarakan bulan depan.

“Melalui ini PTBA ingin menanamkan budaya peduli lingkungan kepada karyawan, sub kontraktor, dan masyarakat disekitar tambang. Terlebih yang tengah menjadi perhatian dunia, mengenai polusi udara tang disebabkan asap kendaraan bermotor. Jadi mari kita jaga lingkungan kita dari  pencemaran yang menyebabkan polusi udara dapat kita cegah, mulai dari kesadaran pribadi masing-masing kita,”ungkap Manager Penunjang Tambang kepada media.