Beranda MuaraEnim PT. Berlian Inti Mekar (BIM) Lakukan PHK Masal

PT. Berlian Inti Mekar (BIM) Lakukan PHK Masal

169
0

Laporan Abdul Rahman

Muaraenim News, MUARAENIM- Puluhan karyawan PT. Berlian Inti Mekar (BIM) dan didampingi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia menggelar aksi demo dikantor Bubapti Muarenim menuntut PHK sepihak dari PT Berlian Inti Mekar (BIM), Senin (09/03/2020).

Paiman selaku ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) mewakili para buruh menyampaikan menuntut status hubungan kerja kami diperusahan baru PT. Berlian Inti Mekar(BIM) sebelumnya kami ini karyaan dari PT. Mahkota Andalan Sawit (MAS) kemudian diaposi menjadi perusahaan PT. Berlian Inti Mekar (BIM) dan disitu kami selaku pekerja PT. MAS menuntut kepada pihak perusahaan agar setatus hubungan kerja kami diperjelas yang mana masa kerja kami dari PT. MAS itu dilimpahkan berikut hak-hak kami juga dilimpahkan ke PT. BIM.

“Sedangkan jawaban dari pihak perusahaan mereka tetap berkoordinasi dengan pihak pusat di Medan dan belum ada kepastian untuk saat ini apakah mereka bersedia atau tidaknya nanti kita tunggu ketetapan dari pemetintah Kabupaten Muaraenim.

Ada 71 Orang yang di PHK tapi PHK ini tidak berdasarkan hukum disitu kami dianggap mengundurkan diri dari perusahaan bukan kami yang mengundurkan diri.

Kami tidak ada niat untuk mengundurkan diri dari perusahaan kami hanya mempertanyakan status hubungan kerja kenapa malah berujung PHK masal secara sepihak ini.

Bupati Muaraenim melalui Asisten 1 bidang pemerintahan dan kesrahnya Drs.M Teguh Jaya, MM menyampaikan kepada PT. BIM untuk karyawan yang masih bekerja silahkan diberikan adindom bagi karyawan yang suda di PHK silahkan di panggil kembali dan dilakukan dengan ketentuan yg berlaku dibawah pengawasan ketenagakerjaan.

Kemudian Anita selaku HRD pusat Medan Mahkota Grup menyampaikan ada 130 orang karyawan di PT Berlian Inti Mekar (BIM) dan sebanyak 71 orang kariawan suda di PHK ada 5 orang yang suda mendapat SPHK dan sisanya karena mogok kerja selama 7 hari.